<p>Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Dorong UMKM dan Pariwisata, Pemerintah Siapkan Dana Rp2,4 Triliun

  • Bantuan bakal disalurkan periode Juni-Juli

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,4 trilun tahun ini. Dana tersebut disiapkan untuk memberi stimulus bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan sektor pariwisata.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan melalui konferensi virtual di Jakarta, Sabtu 3 April 2021.

Dari jumlah keseluruhan, pemerintah menganggarkan Rp400 miliar untuk disalurkan pada pelaku UMKM. Rencananya, dana tersebut akan disalurkan mulai 20 April 2021.

Sisanya, dana stimulus sebesar Rp2 triliun bakal disalurkan ke sektor pariwisata. Anggaran ini akan direalisasikan pada periode Juni hingga Juli tahun ini.

“Juni atau Juli ini akan diluncurkan Rp2 triliun untuk program Bangga Berwisata di Indonesia,” kata Luhut.

Sebagai informasi tambahan, pemerintah diketahui tengah gencar mempromosikan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia. Hal ini merupakan upaya untuk memulihkan sektor pariwisata Tanah Air.

Adapun dana tersebut bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bagi Luhut, stimulus tersebut merupakan upaya nyata yang diambil pemerintah dalam mendorong perekonomian dalam negeri di tengah pandemi COVID-19.(RCS)