<p>Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri (Sumber: https://kemlu.go.id/)</p>
Nasional

DPR Ajak Perkuat Gotong Royong

  • Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin mengajak masyarakat untuk memperkuat gotong royong, terutama di tengah pandemi COVID-19 dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Senin, 1 Juni 2020 besok. Dalam konteks COVID-19, dia menilai bangsa Indonesia perlu melawan dan menyelesaikan pandemi ini dengan kembali merujuk pada ideologi Indonesia, yaitu Pancasila. “Konsep gotong royong […]

Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin mengajak masyarakat untuk memperkuat gotong royong, terutama di tengah pandemi COVID-19 dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Senin, 1 Juni 2020 besok.

Dalam konteks COVID-19, dia menilai bangsa Indonesia perlu melawan dan menyelesaikan pandemi ini dengan kembali merujuk pada ideologi Indonesia, yaitu Pancasila.

“Konsep gotong royong merupakan salah satu intisari dari nilai Pnacasila yang dapat dijadikan role model bagi pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi COVID-19,” kata Aziz dalam siaran persnya, Minggu, 31 Mei 2020.

Dia juga menyatakan bahwa tidak ad acara lain untuk keluar dari jerat COVID-19 selain dengan bergotong royong yang merupakan paham yang dinamis, bahkan lebih dinamis daripada kekeluargaan.

“Gotong royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, yang dinamakan anggota yang terhormat ‘Soekardjo’ satu karyo, satu gawe,” tambah dia.

Politisi partai Golkar juga menjelaskan bahwa Pancasila apabila diperas menjadi satu adalah gotong royong. Meskipun, semua sila dalam Pancasila memiliki nilai yang sama fundamentalnya.

Karenanya, dalam konsem Lambang Negara Garuda Pancasila, simbol Pancasila dibuat melingkar dengan Ketuhanan Yang Maha Esa yang disimbolkan dengan cahaya sebagai intinya.