<p>Pengemudi GoRide menggunakan sekat pelindung saat uji coba penggunaannya pada armada Gojek di Jakarta, Rabu 10 Juni 2020. Pada layanan roda dua GoRide yang kembali beroperasi di DKI Jakarta pada masa PSBB Transisi, mulai minggu ini Gojek melakukan uji coba penggunaan sekat pelindung yang berfungsi meminimalisasi penyebaran COVID-19 melalui droplet setelah sebelumnya sekat pelindung telah diuji coba pada armada roda empat GoCar. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Driver Gojek Dapat Saham GOTO Secara Gratis, Ini Syarat dan Waktunya

  • Melalui program saham Gotong Royong, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memberikan saham GOTO kepada mitra Gojek dengan nilai hingga Rp310 miliar.
Korporasi
Fakhri Rezy

Fakhri Rezy

Author

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia. Bahkan harga saham GOTO sempat menyentuh level Rp416 per saham di hari pertamanya.

Di tengah momentum berserjarah tersebut, perseroan tidak melupakan jasa-jasa mitra Gojek terutama para driver. Melalui program saham Gotong Royong, perseroan memberikan saham kepada mitra Gojek dengan nilai hingga Rp310 miliar.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, pihak yang paling berhak menerima apresiasi untuk pencapaian IPO tersebut adalah mereka yang sudah bekerja keras untuk tumbuh bersama GoTo. Keberhasilan GoTo adalah berkat para mitra pengemudi, pedagang, konsumen, dan karyawan.

"Karena itulah, kami berupaya keras memastikan mereka mendapat manfaat dari IPO Perusahaan melalui Program Saham Gotong Royong, yang menjadi salah satu program kepemilikan saham paling inklusif di dunia pada saat ini," ujarnya mengutip keterangan tertulis, Selasa, 12 April 2022.

Namun, siapa saja yang Dapat saham GOTO secara gratis?

Dalam Program Saham Gotong Royong ini, penerima manfaat program mencakup berbagai kriteria mitra pengemudi, mulai dari mitra driver GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan GoBox. Kriteria mitra pengemudi dalam program tersebut ditentukan berdasarkan beberapa faktor, di antaranya durasi kemitraan dan status aktif mitra pengemudi.

Yang membanggakan, hampir seluruh mitra pengemudi aktif di Indonesia akan berkesempatan untuk mengikuti program ini.

Berdasarkan waktu mitra bergabung, GoTo Gojek Tokopedia akan membagikan saham GOTO dari dua kriteria, yaitu:

- Kriteria mitra angkatan 2010-2016 akan mendapatkan saham 4.000 lembar saham
- Kriteria mitra angkatan 2017-2022 akan mendapatkan saham 1.000 lembar saham.

Dari kedua kriteria tersebut, mitra driver Gojek juga harus menyelesaikan minimal 1 order dalam periode 1-28 Februari 2022.

Dengan harga IPO di Rp338 per saham dari kisaran awal antara Rp316-Rp346 per saham, maka dapat dihitung besaran nominal yang didapat. Jika dikalikan, driver Gojek aktif yang bergabung sejak 2010-2016 akan memperoleh saham senilai Rp1.352.000.

Sementara itu, driver Gojek yang bergabung sejak 2017-2022 akan mendapatkan saham sebesar Rp338.000. Akan tetapi, harga saham tersebut dapat berubah-ubah menyesuaikan kondisi pasar.

Sedangkan untuk para mitra pengemudi di Singapura dan Vietnam juga akan menerima bentuk apresiasi secara tunai.

Kapan Driver Gojek Dapat Saham GoTo Gratis?

Melalui Program Saham Gotong Royong, mitra pengemudi di Indonesia akan menerima saham secara cuma-cuma, setelah berakhirnya masa lock-up, yang sudah berjalan sejak diterimanya pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) sampai dengan delapan bulan setelah tanggal pernyataan efektif tersebut.

GoTo telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK pada tanggal 30 Maret 2022 lalu. Oleh sebab itu, mitra driver Gojek bakal dapat saham GOTO di akhir November 2022.