Dunia

Dua Kuda Nil di Belgia Terjangkit COVID-19

  • Sebuah kebun binatang di Belgia mengumumkan sepasang kuda nil sedang menjalani isolasi setelah dinyatakan positif COVID-19.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

BRUSSELS – Sebuah kebun binatang di Belgia mengumumkan bahwa sepasang kuda nil sedang menjalani isolasi setelah dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat, 3 Desember 2021. Peristiwa spesies hewan ini terjangkit virus mungkin adalah yang pertama.

Laboratorium hewan nasional Belgia mengkonfirmasi dua ekor kuda nil Kebun Binatang Antwerp – Imani, 14 tahun, dan Hermien, 41 tahun – terjangkit COVID-19. Masih belum jelas bagaimana mereka bisa terjangkit. Kedua hewan itu baik-baik saja, selain hidungnya yang terus-menerus berair. 

“Sepengetahuan saya, ini adalah kontaminasi pertama yang tercatat pada spesies ini. Di seluruh dunia, virus ini sebagian besar terlihat pada kera besar dan kucing,” kata dokter hewan Kebun Binatang Antwerpen, Francis Vercammen menurut laporan The Associated Press dilansir TrenAsia.com.

Penyebabnya masih menjadi misteri. Seluruh hewan di kebun binatang itu menjalani tes COVID-19 tahun lalu dan tidak ada kasus yang ditemukan. Hidung kuda nil memang biasanya cenderung basah, tetapi menurut Vercammen memutuskan untuk menguji cairan kental yang keluar sebagai tindakan pencegahan, dan hasilnya mengejutkan.

Kandang kuda nil akhirnya ditutup bagi pengunjung dan hanya akan dibuka setelah hasil tes kedua hewan tersebut negative. Pawang mereka dinyatakan negative dari virus, dan tetap harus memakai masker dan kacamata pengaman, dan mendisinfektan alas kaki mereka sebelum mendekati kedua hewan tersebut.