PT Bank Net Syariah Tbk (BANK) atau Bank Aladin / Dok. Perseroan
Korporasi

Dua Petinggi Mundur, Ini Susunan Direksi Bank Aladin yang Baru

  • PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) merombak jajaran direksi dalam RUPSLB pada 10 Februari 2022 usai ditinggal dua direksi.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Dua Direksi PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) kompak mengundurkan diri beberapa hari menjelang Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar 10 Februari 2022. Keduanya yakni Basuki Hidayat selaku Direktur Operasional dan Mohammad Riza selaku Direktur Bisnis BANK.

“Mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan saya yang akan efektif sesuai keputusan RUPSLB yang akan diselenggarakan pada 10 Februari 2022. Terima kasih kepada segenap jajaran perseroan atas kepercayaan dan kerja sama yang telah diberikan selama saya menjabat. Semoga kerja sama tersebut akan tetap terjalin baik di masa-masa mendatang,” tulis kedua direksi dalam keterbukaan informasi BEI seperti dikutip Jumat, 11 Februari 2022.

Surat permohonan pengunduran diri Basuki Hidayat diterima dan ditandatangani pada 7 Februari 2021, sementara surat permohonan pengunduran diri Mohammad Riza pada 8 Februari 2022. Tidak dijelaskan alasan pengunduran diri masing-masing. 

RUPSL Bank Aladin pada 10 Februari lalu memutuskan untuk mengangkat Mayang Ekaputri sebagai Direktur. Sebelumnya, Mayang menjabat sebagai Group Head Finance & Strategi serta Pjs. Corporate Secretary Aladin Bank (2021-2022), Senior Vice President Treasury Finance di HSBC Indonesia (2011-2021) dan Assistant Vice President Product Control di Credit Suisse Singapura (2006-2010).

RUPS juga menyetujui untuk mengangkat Rudy Hamdani sebagai Presiden Komisaris Independen yang sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Independen. Rudy Hamdani memiliki rekam jejak di institusi finansial seperti Direktur Consumer Banking BII (2000-2007), Direktur Consumer Banking OCBC NISP (2007-2013), dan juga Vice President Director PT Sequis Life Insurance (2017-2018).

Dengan demikian, susunan pengurus Bank Aladin saat ini sebagai berikut.

Presiden Komisaris Independen : Rudy Hamdani*

Komisaris : Ationo Teguh Basuki

Komisaris Independen : Fransisca Ekawati

Presiden Direktur : Dyota Mahottama Marsudi

Direktur : Firdila Sari

Direktur : Mayang Ekaputri*

Direktur Kepatuhan : Baiq Nadea Dzurriatin

Ketua DPS: Asrorun Ni'am Sholeh

Anggota DPR: Sholahudin Al Aiyub

*Berlaku efektif sejak tanggal lulus uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan