Ilustrasi penggantian ban mobil karena ban bocor atau kempis / Hyundaimobil.co.id
Gaya Hidup

Duh! Nasib Bengkel Tambal Ban Ambruk Tahun 2024, Apa Biang Keroknya?

  • Karena dengan ban baru ini orang-orang tidak lagi sibuk tambal ban atau isi angin ban. Karena Ban UPTIS tanpa udara dan tetap dikenakan pada semua jenis pelek.
Gaya Hidup
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA - Perkembangan teknologi dari hari ke hari sangat cepat. Hal ini tidak terlepas dari giat para produsen untuk terus berinovasi memunculkan penemuan-penemuan terbaru.

Demikian pun halnya dengan ban mobil. Selama ini kita mengenal ban mobil identik dengan ada angin di dalamnya. Angin ini yang menjadi kekuatan ban untuk berputar secara efektif. Jadi, ketika ban bocor dan angin keluar, maka mobil tidak bisa berjalan secara aman dan efektif karena bannya kempis.

Namun, kabar terkini mengungkapkan bahwa tahun 2024 akan dipasarkan model ban baru. Ban ini tidak ada angin di dalamnya. Ban tanpa udara ini hasil inovasi dari Michelin bernama Unique Puncture-Proof Tire System (UPTIS).

Mengutip apa yang disampaikan oleh direktur teknis dan ilmu komunikasi Michelin group, Cyrille Roget, bahwa pembuat ban ini merupakan keputusan besar perusahaan. Ketika pada awalnya orang ragu, tapi hasil penelitian menunjukkan bahwa ban ini sangat berbeda dengan ban konvensional.

Ban UPTIS ini merupakan kombinasi dari aluminium dengan sistem penahan beban yang terbuat dari plastik yang diperkuat serat kaca dan juga campuran karet.

Dengan demikian, maka ban ini akan antiranjau dan tidak kenal namanya kempis ban. Selain itu, Ban UPTIS ini tidak akan menyibukkan bagi sopir untuk bawa ban serep.

Satu hal yang paling disayangi bahwa ketika ban ini meluncur pada 2024 dan dipasarkan secara besar-besaran, maka otomatis bengkel tambal ban akan ambruk dan mengalami kerugian. Karena dengan ban baru ini orang-orang tidak lagi sibuk tambal ban atau isi angin ban. Karena Ban UPTIS tanpa udara dan tetap dikenakan pada semua jenis pelek. 

Tulisan ini telah tayang di floresku.com oleh redaksi pada 16 Oct 2021