<p>Warga bersiap mengikuti shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di rumahnya masing-masing di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan, Minggu 24 Mei 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional & Dunia

Duh, Pandemi Bikin Akses Kesehatan Wanita dan Anak-Anak Jadi Sulit

  • JAKARTA – Panel Akuntabilitas Independen, Perserikatan Bangsa-bangsa (IAP) melaporkan Ibu, bayi baru lahir, anak kecil, dan remaja kehilangan 20% dari layanan kesehatan dan sosial akibat pandemi COVID-19. Merujuk laporan yang dirilis Senin, 13 Juli 2020, perempuan kehilangan banyak fasilitas dan jaring pengaman sosial sejak Januari 2020. Hal ini berbanding terbalik dari hasil survei pada laki-laki […]

Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Panel Akuntabilitas Independen, Perserikatan Bangsa-bangsa (IAP) melaporkan Ibu, bayi baru lahir, anak kecil, dan remaja kehilangan 20% dari layanan kesehatan dan sosial akibat pandemi COVID-19.

Merujuk laporan yang dirilis Senin, 13 Juli 2020, perempuan kehilangan banyak fasilitas dan jaring pengaman sosial sejak Januari 2020. Hal ini berbanding terbalik dari hasil survei pada laki-laki yang justru mendapat peningkatan akses fasilitas kesehatan.

“COVID-19 membuat situasi buruk menjadi lebih buruk,” kata Joy Phumaphi, wakil ketua IAP, mengutip dari Forbes, Senin, 13 Juli 2020.

Sebagai contoh, 73% petugas kesehatan dari 30 negara yang disurvei menyebutkan kekurangan produk sanitasi. 58% lainnya menyebutkan kenaikan harga, dan setengahnya melaporkan berkurangnya akses ke air bersih untuk membantu mengelola kebersihan saat menstruasi.

IAP memperkirakan bahwa terhambatnya akses ke sistem kesehatan yang ditambah dengan menurunnya akses ke makanan dapat berkontribusi pada lebih dari 56.000 kematian ibu tambahan dalam enam bulan. Dengan peningkatan hingga 38,6% kematian ibu per bulan.

Proyeksi laporan juga menunjukkan potensi lebih dari 1.000 juta kematian anak tambahan dalam enam bulan, dengan peningkatan dari 9,8 menjadi 44 · 7% pada kematian balita di bawah lima bulan.

“Sistem kesehatan di negara-negara kaya dan miskin berjuang besar-besaran dan layanan untuk ibu, bayi baru lahir, anak-anak dan remaja hancur,” kata Elizabeth Mason, ketua bersama IAP Sekretaris Jenderal PBB.

Tidak hanya itu, lebih dari 20 negara melaporkan kekurangan vaksin yang disebabkan oleh pandemi dan 13,5 juta anak kehilangan vaksinasi terhadap penyakit yang mengancam jiwa.

Komitmen untuk cakupan kesehatan universal, perawatan kesehatan primer, peraturan kesehatan internasional dan pembangunan berkelanjutan, sangat dibutuhkan sebelum pandemi. Sekarang dengan COVID-19, mereka bahkan lebih penting.

“Kehidupan setiap ibu, bayi baru lahir, anak dan remaja,” kata Giorgi Pkhakadze, seorang profesor Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat.