Gaya Hidup

Duh, Patung Seharga Rp600 Juta Jatuh dan Pecah Saat Pameran

  • Pecinta seni di Miami menyaksikan dengan ngeri ketika seseorang secara tidak sengaja menjatuhkan patung karya artis pop Amerika Jeff Koons ke lantai dan hancur berantakan.
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

MIAMI- "Tolong jangan sentuh karya seni". Sesekali, kita diingatkan mengapa tanda-tanda ini masih dibutuhkan di galeri di seluruh dunia. 

Pecinta seni di Miami menyaksikan dengan ngeri ketika seseorang secara tidak sengaja menjatuhkan patung karya artis pop Amerika  Jeff Koons ke lantai dan hancur berantakan. Padahal patung itu seharga sekitar US$42.000 atau sekitar Rp600 juta  (kurs Rp15.000).

Patung itu  adalah salah satu Anjing Balon ikonik Koons.  Kecelakaan itu terjadi pada malam pembukaan khusus VIP Art Wynwood Kamis 16 Februari 2023. Ini adalah pameran seni kontemporer yang diadakan setiap tahun di Miami, Florida.

Seniman lokal Stephen Gamson memberi tahu Miami Herald dia tengah mengagumi patung itu, ketika seorang wanita tua  menyentuhnya. Tanpa diduga patung itu kemudian jatuh.

Pada awalnya dia bertanya-tanya apakah itu bagian dari pertunjukan, tetapi segera menyadari bahwa itu adalah kecelakaan.

"Ketika benda ini jatuh ke lantai, itu seperti kecelakaan mobil yang menarik banyak orang di jalan raya," kata Gamson kepada surat kabar itu.

“Beruntung bagi wanita itu, karya itu ditanggung oleh asuransi,” kata Bénédicte Caluch, seorang penasihat seni dengan galeri Bel-Air Fine Art yang mewakili patung itu.

"Ini adalah sebuah acara,"  kata Caluch kepada Miami Herald. "Semua orang datang untuk melihat apa yang terjadi."

Jeff Koons dan patung  Anjing Balon/Irish Time 

Dia menambahkan bahwa wanita yang menyebabkan kerusakan, yang tidak disebutkan namanya, adalah seorang kolektor seni. "Hidup (seperti) berhenti selama 15 menit pada semua orang di sekitar," kata Cédric Boero, yang juga bekerja untuk galeri Bel-Air Fine Art kepada New York Times.

Dia menambahkan bahwa seorang kolega berbicara dengan wanita itu, yang mengatakan dia "sangat menyesal" dan "ingin segera pergi".

Patung itu adalah bagian dari edisi terbatas yang kini menyusut dari 799 menjadi 798. "Itu hal yang bagus untuk para kolektor," kata Boero kepada Times sambil tertawa.

 Gamson menawarkan untuk membelinya saat itu juga karena karea benda itu memiliki cerita yang sangat keren". Jeff Koons, 68, belum memberikan komentar apapun atas insiden tersebut.

Ragam patung Anjing Balonnya adalah salah satu karya seni kontemporer paling ikonik, dan telah terjual puluhan juta dolar. Beberapa dari patung itu berukuran sangat besar yakni mencapai 3 m,  tetapi yang naas ini hanyalah seekor anak anjing dengan tinggi  40 cm.

Mereka telah menghiasi galeri di seluruh dunia, dan selanjutnya diikonkan oleh Jay-Z pada tahun 2017 ketika sang rapper bekerja langsung dengan Koons untuk membuat Anjing Balon tiup setinggi 40 kaki untuk penyangga panggung.

Pada tahun 2019 Koons membuat sejarah ketika patung Kelinci miliknya terjual di pelelangan seharga US$91,1 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Harga  jual tertinggi yang pernah ada untuk seorang seniman yang masih hidup.