Pengunjung melihat produk kerajinan di salah satu stan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta Convention Center (JCC), Jum'at, 27 Mei 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
BUMN

Dukung Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan, BRI Life Dongkrak Potensi UMKM

  • Dengan peningkatan kapasitas produksi dan penerapan GMP ini, Aswapemari menjadi lebih siap untuk mengakses pasar yang lebih luas dan menjelajahi peluang bisnis online.

BUMN

Muhammad Imam Hatami

BANJARNEGARA - Program BRI Life Berbagi kembali mendukung Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan (Aswapemari) di Banjarnegara. Dukungan ini diimplementasikan dengan fokus pada pemberdayaan dan peningkatan kapasitas usaha. 

Dilansir dari kabarbumn.com, Selasa, 7 November 2023, Aswapemari  telah berdiri sejak November 2012, adalah kelompok pengusaha wanita makanan ringan yang memiliki tekad untuk tumbuh, meningkatkan kesejahteraan, dan berkolaborasi dalam mengembangkan bisnis di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Selama satu dekade perjalanannya, Aswapemari telah berhasil menjaring keanggotaan tetap sebanyak 52 anggota yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara. Untuk mendukung Aswapemari, BRI Life kembali bermitra dengan BRI Research Institute dan Pusat Inkubasi Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman dalam melaksanakan program pemberdayaan.

Sebelumnya, BRI Life telah berhasil membantu Aswapemari dengan menciptakan Rumah Kemasan, yang telah berdampak positif pada penjualan produk mereka. Kali ini, BRI Life memberikan dukungan dengan menyediakan alat produksi kepada anggota Aswapemari untuk memastikan bahwa produk-produk mereka memenuhi Standar Good Manufacturing Practice (GMP) yang menjamin kualitas produk sesuai dengan permintaan pasar.

Dengan peningkatan kapasitas produksi dan penerapan GMP ini, Aswapemari menjadi lebih siap untuk mengakses pasar yang lebih luas dan menjelajahi peluang bisnis online. Selain itu, BRI Life juga memberikan bantuan berupa perangkat digital seperti tablet, thermal printer, dan peralatan lainnya yang akan mendukung operasional toko online mereka.

Melalui inisiatif ini, BRI Life tidak hanya mendorong pertumbuhan bisnis Aswapemari, tetapi juga memperkuat peran mereka dalam mendukung kemandirian dan pertumbuhan UMKM di Indonesia. 

Kolaborasi yang erat antara BRI Life dan Aswapemari menunjukan pentingnya kerjasama antara sektor swasta dan UMKM dalam mengembangkan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mencapai kesuksesan bersama dalam dunia bisnis.