<p>Karyawan melayani nasabah di Kantor Cabang Bank BNI Syariah di Jakarta, Rabu 17 Juni 2020. Wakil Presiden Ma&#8217;ruf Amin bersama jajaran pemerintah akan merancang strategi pemulihan ekonomi secara menyeluruh, termasuk ekonomi syariah dalam rangka memasuki tatanan baru new normal. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Dukung Energi Terbarukan, BNI Syariah Salurkan Rp400 Miliar ke Medco Power Indonesia

  • JAKARTA- BNI Syariah menyalurkan pembiayaan musyarakah modal kerja senilai Rp400 miliar untuk mendukung pengembangan energi terbarukan dengan PT Medco Power Indonesia. Pembiayaan modal kerja ini bertujuan untuk pendanaan korporasi yang akan digunakan bagi tambahan modal kerja dan biaya operasional PT Medco Power Indonesia. Penandatanganan akad dilakukan Sabtu 26 September 2020. SEVP Bisnis SME dan Komersial […]

Industri
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- BNI Syariah menyalurkan pembiayaan musyarakah modal kerja senilai Rp400 miliar untuk mendukung pengembangan energi terbarukan dengan PT Medco Power Indonesia.

Pembiayaan modal kerja ini bertujuan untuk pendanaan korporasi yang akan digunakan bagi tambahan modal kerja dan biaya operasional PT Medco Power Indonesia. Penandatanganan akad dilakukan Sabtu 26 September 2020.

SEVP Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah Babas Bastaman dalam pernyataan Sabtu 26 September 2020, mengatakan komitmen kepada energi terbarukan sesuai dengan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 51/POJK.03/2017 tanggal 18 Juli 2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan.

Untuk itu, ia memastikan perseroan senang dapat bekerja sama dengan PT Medco Power Indonesia yang dikenal sebagai perusahaan yang unggul di sektor industri listrik terbarukan seperti pembangkit listrik panas bumi, mini hidro dan tenaga surya.

“Penandatanganan akad plafon pembiayaan ini merupakan wujud dukungan BNI Syariah terhadap program pemerintah Indonesia dalam penggunaan energi terbarukan,” kata Babas dilansir dari Antara.

Sementara itu, Direktur keuangan PT Medco Power Indonesia Susilawati Nasution mengatakan saat ini perusahaan sedang membangun proyek energi terbarukan salah satunya PLTP Ijen berkapasitas 110 MW yang akan beroperasi penuh pada 2023.

“Selain itu, perusahaan juga mempunyai pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Riau berkapasitas 275 MW,” kata Susilawati.

Penandatanganan akad pembiayaan ini dilakukan oleh Direktur keuangan PT Medco Power Indonesia Susilawati Nasution dan Pemimpin Divisi Komersial BNI Syariah Daryanto Tri Sumardono.

Hingga Juni 2020, portofolio pembiayaan produktif BNI Syariah mencapai Rp13,6 triliun yang sebagian besar tersalurkan beberapa sektor industri antara lain konstruksi, listrik, gas dan air, industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran, dan jasa dunia usaha.