<p>PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI semakin berinovasi dengan merambah bisnis bisnis digital dalam melayani nasabahnya.<br />
Dalam kurun waktu dua bulan, salah satu bank pelat merah ini telah meluncurkan enam produk financial technology (fintech). / YouTube BRI</p>
Korporasi

Dukung Gernas BBI, TKDN BRI Capai 66,67 Persen

  • Tercatat, tahun lalu total capex BRI mencapai Rp7 triliun hingga Rp8 triliun.

Korporasi

Yosi Winosa

JAKARTA -PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatat pengadaan Capex maupun Opex perseroan di dominasi (66,67%) muatan lokal atau tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sepanjang 2021 lalu. 

Ini merupakan upaya perseroan dalam mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Tercatat, tahun lalu total capex BRI mencapai Rp7 triliun hingga Rp8 triliun.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menyatakan sejalan dengan muatan lokal tersebut, BRI senantiasa melakukan pendampingan kepada UMKM untuk meningkatkan transaksi penjualan, misalnya lewat program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Program ini mempertemukan UMKM dengan pembeli potensial atau business matching yang berasal dari mancanegara. Tahun 2021 lalu misalnya, sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara. Negara seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia pun berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksi mencapai US$72,13 juta atau Rp1,03 triliun (Kurs Rp14.348 per dolar AS). 

“Di dalam Gernas BBI, perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan ekonomi di Tanah Air dengan cara membangkitkan sektor-sektor potensial, khususnya UMKM. Upaya ini akan mendorong peluang usaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” kata Amam dalam website resmi seperti dikutip Selasa, 5 April 2022.

Sebagai informasi, Gernas BBI yang diluncurkan pertama kali pada Mei 2020 ini terus didorong oleh seluruh stakeholder. Tercatat sebanyak 5,5 juta UMKM artisan telah onboarding di marketplace dengan total sebesar 17,2 juta unit pada 2021. 

Angka ini mencapai 57% dari target pemerintah, yakni 30 juta UMKM yang akan onboarding pada tahun 2023. Gernas BBI tersebut dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, serta platform marketplace.