Nasional

Dukung Ketahanan Pangan di Ibu Kota Baru, Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi Capai 45 Persen

  • Bendungan Sepaku Semoi akan menambah pasokan air baku untuk wilayah Balikpapan dan Penajam Paser Utara.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - PT Brantas Abipraya (Persero) tengah menggenjot pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur (Kaltim). Bendungan ini merupakan proyek infrastruktur penunjang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Proyek ini berlokasi di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas mengatakan pembangunan bendungan ini adalah salah satu bukti komitmen dalam mendukung ketahanan air dan pangan nasional.

“Saat ini progres sekitar 45 persen. Bendungan Sepaku Semoi ini memiliki daya tampung 11 juta meter kubik dengan debit air 2.500 liter per detik,” kata Miftakhul, dikutip dari situs resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Selasa, 17 Mei 2022.

Miftakhul juga menambahkan bendungan in merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan menambah pasokan air baku untuk wilayah Balikpapan dan Penajam Paser Utara. 

Pengerjaan Bendungan ini sudah mulai berjalan pada Juli 2020 lalu. Bendungan ini memiliki luas genangan kurang lebih 280 hektare. Sehingga saat musim kemarau tiba, bendungan ini dapat menyuplai air untuk area persawahan. Dengan adanya Bendungan ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

Bendungan Sepaku Semoi memiliki luas kurang lebih 378 hektare, tinggi bendungannya 25 meter dan panjang 450 meter. Adapun tipe bendungan ini adalah urugan tanah homogen. Bendungan ini nantinya berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata di Kalimantan Timur. Bendungan ini akan diperkirakan rampung pada awal 2023.