Sirkuit Mandalika.
Olahraga

Dukung MotoGP Mandalika 2023, Pemerintah Siapkan 215 Shuttle Bus Gratis

  • Bus-bus tersebut beroperasi dari dua lokasi parkir, yaitu di sisi timur dan barat, menuju pintu masuk sirkuit.
Olahraga
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

MATARAM - Pemerintah dan penyelenggara MotoGP Mandalika 2023 siapkan 215 shuttle bus gratis penonton MotoGP menuju Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023.

"Pelayanan dengan shuttle bus ini baik dari dalam areal sirkuit dan dari luar areal sirkuit," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady di Mataram pada Kamis, 5 Oktober 2023 seperti dilansir Antara.

Jamaluddin menyebutkan shuttle bus tersebut akan disediakan gratis untuk penonton yang sudah memiliki tiket MotoGP 2023 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika.

Selama perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, sebanyak 175 shuttle bus telah disediakan untuk mengantarkan dan mengembalikan penonton. Bus-bus tersebut beroperasi dari dua lokasi parkir, yaitu di sisi timur dan barat, menuju pintu masuk sirkuit.

Selain itu, terdapat 40 bus tambahan yang tersedia di lima lokasi berbeda untuk membawa penonton ke sirkuit. Lokasi-lokasi ini termasuk Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Lombok Tengah, Eks Bandara Selaparang di Kota Mataram, Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Pelabuhan Bangsal di Lombok Utara, dan Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur.

Jamaluddin mengimbau kepada masyarakat NTB yang ingin menuju sirkuit agar tidak menggunakan mobil pribadi. Jamaluddin menyarankan agar menggunakan sepeda motor untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang dapat terjadi selama perhelatan MotoGP yang berlangsung pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

Namun, Jamaluddin yakin pada saat perhelatan kepadatan lalu lintas bisa segera terurai dengan infrastruktur yang ada. 

“Karena jalan yang ada di depan sirkuit sudah dua jalur empat lajur. Kemudian kantong parkir juga sudah bisa menampung 17 ribu kendaraan, jadi sangat luas,” ujar Jamaluddin.

Perhelatan MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika tahun ini terlihat mengundang antusiasme masyarakat. Melansir keterangan resmi beberapa waktu lalu, Direktur Utama Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Ari Respati menyebut tiket MotoGP Mandalika 2023 hanya tersisa kurang dari 18% dari total target penonton yang mencapai 60.000 orang.