<p>Claudia Kolonas, co-founder Pluang/ Pluang</p>
Fintech

Pluang-grow dan UOB Asset Management Indonesia Luncurkan Reksa Dana UDARI

  • Platform investasi reksa dana Pluang-grow bersama dengan PT UOB Asset Management Indonesia (UOBAM Indonesia) menawarkan reksa dana pendapatan tetap UOBAM Dana Membangun Negeri (UDARI), yang berfokus pada obligasi pemerintah Indonesia dan obligasi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Platform investasi reksa dana Pluang-grow bersama dengan PT UOB Asset Management Indonesia (UOBAM Indonesia) menawarkan reksa dana pendapatan tetap UOBAM Dana Membangun Negeri (UDARI), yang berfokus pada obligasi pemerintah Indonesia dan obligasi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

UDARI, yang dikelola oleh UOBAM Indonesia dan didistribusikan secara eksklusif di Pluang-grow, menawarkan kepada investor cara yang terjangkau dan mudah diakses untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan Indonesia, dengan investasi mulai dari hanya Rp15.000.

“Untuk menyikapi potensi pasar ini, Pluang-grow berupaya memberikan solusi reksa dana digital yang mudah diakses oleh investor domestik,” kata Christopher Andre Benas, Head of Financial Education Pluang-grow dalam keterangan resmi, Kamis, 11 November 2021.

Sementara itu, Direktur dan Chief Marketing Officer UOBAM Indonesia Alvin Jufitrick mengatakan, UDARI memberikan investasi pada waktu yang tepat bagi investor mengingat adanya fokus yang semakin besar pada pembiayaan pemerintah yang digunakan untuk membangun kembali perekonomian.

“Melalui kerja sama dengan Pluang-grow ini, UOBAM Indonesia berupaya memberikan keuntungan dengan tujuan menghasilkan pengembalian yang sehat bagi investor, sekaligus berkontribusi pada upaya pembangunan bangsa Indonesia,” ujar Alvin.

Lebih lanjut, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah tetap memprioritaskan pembiayaan dalam negeri melalui berbagai skema. Di antaranya burden sharing dengan Bank Indonesia (BI) dan penerbitan obligasi pemerintah yang kini dikenal dengan ORI (obligasi negara ritel atau Obligasi Ritel Indonesia). 

“Ke depan, pemerintah terus berupaya mendorong berbagai program untuk mencapai kemandirian pembiayaan sekaligus sebagai alternatif investasi yang aman bagi masyarakat,” ungkap Yustinus.

Meskipun terdampak pandemi, kini animo masyarakat terhadap investasi tetap tumbuh. Pada Agustus 2020 lalu, SR013 berhasil meraih capaian penjualan terbesar mencapai Rp25,67 triliun dan investor sebanyak 44.803 investor.

Selain UDARI, Pluang-grow dan UOBAM Indonesia juga berkolaborasi dalam menawarkan produk UOBAM Dana Rupiah (UDARU), sebuah produk reksa dana pasar uang yang himpunan dananya dialokasikan pada instrumen pasar uang berlikuiditas tinggi.