Korporasi

Dukung Pertamina Pasok Elpiji di Sultra, Elnusa Groundbreaking Terminal LPG Kolaka

  • PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui anak usahanya PT Elnusa Petrofin (EPN) mulai membangun Terminal LPG Pertamina di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.
Korporasi
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui anak usahanya PT Elnusa Petrofin (EPN) mulai membangun Terminal LPG Pertamina di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara dalam upaya menyediakan layanan LPG agar lebih terjangkau ke masyarakat.

Pembangunan terminal LPG tersebut ditandai dengan groundbreaking yang dilaksanakan pada Jumat, 26 November 2021. Terminal LPG ini persis berada di sebelah tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka di Kolakaasi.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudinm mengatakan groundbreaking yang dilakukan oleh EPN ini sebagai upaya untuk turut mendukung PT Pertamina (Persero) dalam menjaga cadangan LPG dan mendorong perekonomian daerah setempat.

Selain itu, juga sesuai dengan keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastuktur penyimpanan Elpiji.

"Terminal LPG Kolaka ini kedepannya akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 m2 untuk lokasi sarana fasilitas TLPG dan luas area 2.718 m2 sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG," katanya dalam keterangan pers, Jumat.

Dia mengatakan, total area pembangunan Terminal LPG Kolaka 12.000 meter persegi (m2). Pembangunan Terminal LPG Kolaka ini mencakup Tanki Bola (Spherical Tank) yang dengan kapasitas 2 x 1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas Pompa LPG, dan Loading Bay ke Skid tank LPG.

Selain itu, juga dibangun sarana pendukung operasional yang mumpuni dengan estimasi penyelesaian pembangunan selama 2 tahun.

Vice President Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Iswanto Suseno menyampaikan groundbreaking ini merupakan bentuk komitmen wujud kedaulatan energi Pertamina Grup bagi masyarakat dan negara.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Terminal LPG Kolaka ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, EPN juga menyalurkan bantuan CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud Elnusa Petrofin terhadap pendidikan di wilayah tersebut.*