Trofi Piala Dunia U-17.
Nasional

Dukung Piala Dunia U-17, Erick Tawarkan Tiket Bundling dengan KA Whoosh

  • Tiket itu untuk mengakomodasi para penonton yang hendak menonton pertandingan di Jakarta atau Bandung dengan menumpang kereta cepat.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Ketua PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menawarkan tiket bundling untuk menonton pertandingan Piala Dunia U-17 plus tiket naik Kereta Cepat Whoosh dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya. 

Tiket itu untuk mengakomodasi para penonton yang hendak menonton pertandingan di Jakarta atau Bandung dengan menumpang kereta cepat. Sebagai informasi, Jakarta memiliki venue di Jakarta International Stadium (JIS), sedangkan Bandung di Stadion Si Jalak Harupat. 

“Nanti kami tawarkan, kalau ada yang mau nonton dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya, bisa dengan tiket bundling untuk Whoosh dan pertandingannya,” ujar Erick, dikutip Senin 9 Oktober 2023. 

Hal tersebut disampaikan Erick kepada Team Project Venue Management Christian Schmölzer dan Venue Manager FIFA Sunny Kohli kala menjajal Kereta Cepat Whoosh dari Halim menuju Tegalluar.Tiket bundling merupakan penjualan dua acara atau lebih menjadi satu tiket yang tidak terpisah. 

Selain tiket bundling, penonton yang menggunakan moda transportasi tersebut juga disediakan bus feeder (pengumpan) dari stasiun menuju lokasi pertandingan maupun sebaliknya. Tawaran ini masih dalam tahap pengkajian soal harga yang akan diberikan beserta mekanismenya dan akan diumumkan setelah matang.

Naikkan Branding 

Adanya tiket bundling pertandingan dengan Kereta Cepat Whoosh sekaligus untuk memberikan branding terhadap Indonesia di tingkat Internasional melalui event yang diselenggarakan di Tanah Air. 

Pasalnya Indonesia terkadang masih dianggap sebelah mata meskipun telah memiliki beragam moda transportasi modern seperti Light Rapid Transit (LRT), Moda Raya Terpadu (MRT), hingga High Speed Railway atau kereta cepat. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Oktober 2023 meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh yang juga menjadi layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia serta Asia Tenggara.

Dalam peresmian, Presiden Jokowi menjelaskan soal nama WHOOSH yang disematkan pada kereta cepat pertama di Indonesia itu. “Kereta cepat ini kita namakan WHOOSH,” kata Jokowi sembari mengeja satu persatu huruf pada kata tersebut. Dinamakan WHOOSH sebab terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta kilat itu.

Kendati demikian tarif resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) belum juga diumumkan. Presiden Jokowi membeberkan tarif kereta cepat yang diberi nama Whoosh tersebut akan berada di kisaran Rp250.000 hingga Rp350.000 per penumpang.

"Untuk tarif segera kita putuskan. Tapi kurang lebih antara Rp250.000 hingga Rp350.000, kurang lebih," ujar Jokowi belum lama ini.