9E66E6E2-EFE6-4CB3-BF5E-A409D1ABE61F.jpeg
Nasional

Dukung Program TKDN Pemerintah, Sucofindo Gandeng Kemenperin

  • Sucofindo Dukung Pemerintah Realisasikan Peningkatan P3DN JAKARTA - PT SUCOFINDO dukung pemerintah merealisasikan program Peningkatan Penggunaan Produk Dal
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - PT Sucofindo, anak holding BUMN jasa survey  ID Survey menggandeng Kementerian Perindustrian (Kemenperin) guna merealisasikan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pemerintah. Lewat kerjasama ini , Sucofindo akan melakukan verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk para pelaku usaha. 

Direktur Utama Sucofindo Wigrantoro Roes Setiyadi menyatakan dukungan ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi.

Menurutnya, Sucofindo telah melakukan verifikasi TKDN kepada 806 pelaku usaha dan membantu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerbitkan 398 sertifikat TKDN pada periode Januari sampai Mei 2022. 

“Lewat kerjasama ini, diharapkan para pelaku usaha yang mendapatkan sertifikat dapat menjaga komitmennya,” kata dia dalam laman resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dikutip Kamis, 16 Juni 2022. 

Ditambahkan, Sucofindo telah menerbitkan 218 sertifikat TKDN kepada UMKM yang dapat digunakan sebagai bukti pemenuhan penggunaan produk dalam negeri. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan sebagai syarat pengadaan barang atau jasa yang mengutamakan penggunaan produk dalam negeri.

Ke depannya, Sucofindo terus mendukung merealisasikan target Kementerian Perindustrian yaitu mengeluarkan 1.250 sertifikat TKDN untuk pelaku usaha di tahun 2022, dan target LKPP 1 juta produk bersertifikasi TKDN.