Salah satu kapal milik PT PT Pertamina Trans Kontinental.
Industri

Dukung Sektor Energi, BNI Syariah Kucurkan Rp175 Miliar ke PT Pertamina Trans Kontinental

  • JAKARTA – PT BNI Syariah menyalurkan pembiayaan investasi senilai Rp175 miliar kepada PT Pertamina Trans Kontinental. Pembiayaan tersebut akan diimplementasikan untuk satu unit kapal transko Taurus small II Tanker dengan skema refinancing syariah, sedangkan untuk dua unit kapal harbour tug 3200HP, dilakukan dengan akad musyarakah. “Kami berharap, melalui pembiayaan investasi ini program pengadaan kapal PT […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT BNI Syariah menyalurkan pembiayaan investasi senilai Rp175 miliar kepada PT Pertamina Trans Kontinental.

Pembiayaan tersebut akan diimplementasikan untuk satu unit kapal transko Taurus small II Tanker dengan skema refinancing syariah, sedangkan untuk dua unit kapal harbour tug 3200HP, dilakukan dengan akad musyarakah.

“Kami berharap, melalui pembiayaan investasi ini program pengadaan kapal PT Pertamina Trans Kontinental bisa terwujud sehingga bisa menunjang operasional perusahaan,” ungkap Pemimpin Divisi Komersial BNI Syariah Daryanto Tri Sumardono dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Senin, 5 Oktober 2020.

BNI Syariah, lanjutnya, senantiasa berkomitmen mendukung investasi pembiayaan dalam rangka memajukan ekonomi. Nantinya, diharapkan kedua belah pihak dapat saling menguntungkan melalui kerja sama ini.

“Kolaborasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan bisnis industri galangan kapal sehingga dalam jangka panjang, ikut menggerakkan ekonomi, salah satunya melalui penyerapan tenaga kerja,” tuturnya.

Sebelumnya, bank syariah pelat merah ini juga menyalurkan pembiayaan senilai Rp400 miliar kepada PT Medco Power Indonesia. Perusahaan tersebut tengah membangun proyek PLTP Ijen berkapasitas 110 MW yang akan beroperasi penuh pada 2023. Sementara itu, pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) di Riau sudah dioperasikan dengan kapasitas 275 MW.

Menurut Daryanto, wujud dukungan perseroan terhadap penggunaan energi terbarukan atau renewable energy, sudah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan.

Di tengah situasi pandemi COVID-19, per Juni 2020 realisasi pembiayaan komersial, middle, dan small BNI Syariah sebesar Rp13,6 triliun. Adapun mayoritas pembiayaan komersial, disalurkan ke sektor konstruksi, listrik, gas air, industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran, serta jasa dunia usaha.