Nasional

Dukung Start Up Dalam Negeri, Jokowi Luncurkan Merah Putih Fund Desember Mendatang

  • Presiden Jokowi Luncurkan Merah Putih Fund, upaya tunjukan keseriusannya dalam mendukung kemajuan Start Up dalam negeri
Nasional
Merina

Merina

Author

Jakarta - Presiden Jokowi berencana meluncurkan Merah Putih Fund untuk mendukung kemajuan Start Up dalam negeri. Merah Putih Fund rencananya bakal  berlangsung Desember mendatang dengan menggaet beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Diungkapkan Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan dalam media sosial Universitas Brawijaya bahwa peluncuran Merah Putih Fund merupakan upaya dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha di Indonesia. 

“Insya Allah pertengahan Desember presiden akan meluncurkan Merah Putih Fund”   Ujar Erick Thohir  seperti yang dikutip dari laman Instagram resmi  @Univ.brawijaya Sabtu 27 November 

Merah Putih Fund  rencananya akan memberikan pendanaan kepada perusahan - perushaan rintisan dalam negeri dalam menggencarkan perekonomian bagi para kreator dan pebisnis lokal.

Beberapa perusahaan BUMN yang mendukung Merah Putih Fund ini antara lain adalah  PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.,

Erick juga menegaskan bahwa pendanaan ini akan diberikan kepada perusahaan dengan kriteria tertentu seperti founder yang berasal dari Indonesia, operasional perusahaan yang terletak di Indonesia serta go public di Indonesia.

Hal ini merupakan upaya intervensi yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara dalam membangun start up lokal dan mencegah semakin banyaknya perusahaan rintisan yang berpindah ke luar negeri serta agar para pelaku bisnis lebih nasionalis lagi di masa depan.