BRI UMKM
Nasional

Dukung UMKM Go International, BRI Boyong Penjual Ikan Asap ke Belanda

  • Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menegaskan bahwa BRI senantiasa melakukan pendampingan kepada UMKM perihal transaksi penjualan.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menegaskan bahwa BRI senantiasa melakukan pendampingan kepada UMKM perihal transaksi penjualan.

Ia berpendapat bahwa jika penjualan tersebut naik, maka pelaku usaha otomatis juga akan naik.

"Program pemberdayaan serta edukasi yang dijalankan oleh BRI berjalan secara berkesinambungan meliputi kualitas produk hingga go modern," ujar Amam dalam keterangan tertulis dilansir Selasa, 6 September 2022.

Kali ini BRI mendukung kuliner ikan asap yang berasal dari Demak, Jawa Tengah dengan nama Iwaku yang tampil di Festival Tong Tong di Belanda.

Tejo Purwoto yang merupakan warga Desa Wono Sari, Kecamatan Bonang, Demak, sebelumnya tak menyangka bisa ikut meramaikan festival tersebut.

Saat itu dirinya ikut serta dalam pameran UMKM di Demak kemudian bertemu dengan Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga.

"Pak Arya menyebut bahwa makanan tradisional seperti yang kami buat, dengan pengalengan tanpa pengawet, serta siap saji bisa ikut serta dalam Festival Tong Tong," ucap Tejo

Adapun beberapa langkah yang BRI lakukan yakni dalam hal pemberdayaan serta edukasi meliputi go digital.

Yaitu digitalisasi dan automasi bisnis dan pemasaran. Go online melalui perluasan pasar menggunakan e-commerce. Serta go global dengan strategi menjangkau pasar internasional.

"Dalam proses go global, Pasar Tong Tong menjadi medium bagi BRI menyediakan fasilitas business matching dengan international buyer," kata Amam.