Green House
Nasional

Dukung Upaya Ketahanan Pangan, Pemkot Bogor Siapkan Green House

  • Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan strategi dalam mendukung upaya ketahanan pangan, salah satunya adalah dengan rumah kaca atau green house.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan strategi dalam mendukung upaya ketahanan pangan, salah satunya adalah dengan rumah kaca atau green house.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sopiah menjelaskan, bahwa pembangunan rumah kaca adalah sebagai upaya mendukung upaya pemerintah pusat mencari solusi terhadap potensi krisis pangan dan energi.

"Selain rumah kaca kajian juga akan dilakukan pada penerangan jalan umum, kendaraan listrik sebagai adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan situasi dunia yang terus berubah," kata Syarifah melalui keterangan resmi, dikutip Minggu, 9 Oktober 2022.

Ia melanjutkan, selain pembangunan rumah kaca, Pemkot Bogor juga terus mengajak masyarakat untuk melakukan pertanian perkotaan atau urban farming serta mendorong pengurangan pestisida.

Selain itu, Pemkot Bogor juga pelan-pelan sudah menjalankan upaya penghematan energi. Seperti pengembangan penerangan jalan umum (PJU) yang menggunakan teknologi hingga beralih ke kendaraan listrik.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, dalam acara Green Investment: Food Security and Renewable, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus menawarkan beragam investasi di sektor industri.

Ia melanjutkan, saat ini Pemprov Jawa Barat tengah fokus pada sektor ketahanan pangan (food security) dan energi terbarukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dengan total investasi mencapai Rp59 triliun.