<p>Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww.</p>
Gaya Hidup

Dulu Bilang Hanya Bagi yang Sakit, Kini Jokowi Wajibkan Semua Warga Pakai Masker

  • “Di awal WHO menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit. Tapi sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker,” kata Presiden Jokowi.

Gaya Hidup
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Presiden Joko Widodo mengimbau agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Di awal WHO menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit. Tapi sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker,” ujarnya dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 6 April 2020.

Di samping itu, Jokowi menginstruksikan seluruh jajarannya untuk memastikan ketersediaan masker yang dapat digunakan oleh masyarakat.

“Saya meminta agar penyiapan masker sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker,” katanya.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto juga telah menyatakan bahwa kebijakan tersebut mengikuti rekomendasi dari WHO.

Yurianto menyampaikan bahwa masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali. Untuk saat ini, masker medis seperti masker bedah dan masker N-95 diprioritaskan bagi dokter dan tenaga medis. (SKO)