<p>Ilustrasi belanja onlina. / Pixabay</p>

E-Commerce Kecipratan Stimulus UMKM Rp34,1 Triliun

  • Program stimulus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dikucurkan Presiden Joko Widodo senilai Rp34,1 triliun bakal berdampak pada toko online (e-commerce) seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek, hingga Grab.

Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Program stimulus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dikucurkan Presiden Joko Widodo senilai Rp34,1 triliun bakal berdampak pada toko online (e-commerce) seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek, hingga Grab.

Presiden Joko Widodo meresmikan gerakan #BanggaBuatanIndonesia dengan mengajak masyarakat menggunakan produk-produk lokal. Gerakan itu menjadi dukungan secara langsung kepada sektor UMKM.

“Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, karya-karya hebat, dan produk-produk berkualitas yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta hebat. Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk bertransformasi, menggali potensi diri, dan menciptakan peluang-peluang,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis, 15 Mei 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk #BeliProdukIndonesia ini merupakan upaya mendorong penjualan produk ekonomi kreatif atau produk UMKM lainnya ke platform daring.

“Langkah-langkah sekarang kita mulai promosikan ini, kerja sama semua lintas kementerian, ini semua pemain-pemain di dalam UMKM, pemerintah memfasilitasi untuk bisa semua masuk di dalam online ini,” kata dia.

Dalam hal ini, Luhut menjelaskan, UMKM merupakan pilar perekonomian serta memiliki peran penting. Dia mengungkapkan pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp34,1 triliun untuk para pelaku UMKM sekaligus memberikan pelatihan.

Selain untuk pemulihan ekonomi, dana sebanyak itu digunakan baik untuk subsidi pajak maupun subsidi bunga kredit bagi UMKM.

Merambahnya UMKM ke platform daring, lanjut Luhut, juga memperkuat daya saing Indonesia terhadap negara-negara lain. Indonesia akan semakin diperhitungkan di mata dunia.

“Artinya kita mulai melihat negara-negara kita masing-masing, supaya kuat. Tidak berarti kita lepas dari negara lain, tapi kita harus lihat dulu dari dalam negeri kita, perkuat dulu bangsa kita, Indonesia negara kaya, negara hebat, kalau kita satu, kita akan hebat. Ayo bela Indonesia, beli buatan Indonesia, bangga jadi orang Indonesia,” kata dia.

Sebagai informasi, platform digital yang mendukung gerakan tersebut antara lain, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek, dan Grab. (SKO)