ecojet-rj85-13grdecojetlr.jpg
Tekno

Ecojet akan Luncurkan Pesawat Listrik Pertama di Inggris

  • Pada tahun pertama peluncuran, pesawat akan menggunakan bahan bakar berbasis minyak tanah. Setelahnya pesawat akan beralih dengan pemasangan mesin yang dapat merubah hidrogen hijau atau green hydrogen menjadi listrik.
Tekno
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

LONDON - Ecojet, perusahaan penerbangan milik konglomerat Dale Vince, berencana luncurkan maskapai listrik pertama di Inggris. Taipan yang sejak dahulu memiliki fokus di bidang energi hijau ini merancang pesawat tersebut dengan tujuan untuk membuktikan bahwa industri yang dikenal menyumbangkan polusi dapat beralih dan menjadi zero carbon.

Ecojet yang diproyeksikan membawa semangat energi hijau Inggris tersebut menurut The Guardian akan diluncurkan pada awal tahun depan. Nantinya perusahaan ini akan meluncurkan pesawat dengan 19 kursi penumpang yang akan melakukan penerbangan pertamanya dari Edinburgh menuju Southampton. Pesawat dari maskapai ini diproyeksikan mampu menempuh perjalanan hingga jarak 300 mil atau 480 km.

18 bulan setelah peluncuran pertama, perusahaan ini akan memperkenalkan pesawat 70 tempat duduk yang dapat terbang ke Eropa. Perusahaan sedang dalam proses mengajukan izin dari Otoritas Penerbangan Sipil agar dapat diizinkan melakukan lepas landas dan mendarat di bandara.

Pada tahun pertama peluncuran, pesawat akan menggunakan bahan bakar berbasis minyak tanah. Setelahnya pesawat akan beralih dengan pemasangan mesin yang dapat merubah hidrogen hijau atau green hydrogen menjadi listrik. 

Melansir dari laporan ITB, green Hydrogen adalah hidrogen yang dihasilkan seluruhnya oleh energi terbarukan atau dari tenaga rendah karbon. Hidrogen hijau menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih rendah dibanding dengan hidrogen abu-abu, yang dihasilkan oleh reformasi uap gas alam, yang merupakan bagian terbesar dari pasar.

Dale Vince, pemilik perusahaan ini merupakan orang yang telah dikenal lama menjadi pengusaha yang berfokus pada energi terbarukan. Bahkan Vince menjadi orang pertama yang mendirikan perusahaan ramah lingkungan di Inggris pada tahun 1995 yakni Ecotricity. Semenjak itu Vince menggeluti berbagai bidang yang dapat mengusahakan perubahan menjadi energi ramah lingkungan di berbagai sektor seperti penjualan energi ramah lingkungan, transportasi, makanan, hingga klub sepak bola. 

Vince diketahui merupakan pemimpin dari klub sepak bola Forest Green Rover yang bermain di League Two atau Divisi Dua Liga Inggris. Klub ini dikenal sebagai klub terhijau di dunia. Baru-baru ini, klub tersebut menjadi klub sepak bola pria pertama di Inggris yang dilatih oleh perempuan dikutip dari situs resminya. 

The Guardian menyebutkan, nantinya para staf akan mengenakan seragam ramah lingkungan dan menyediakan makanan nabati. 

Industri penerbangan sedang mengkaji berbagai opsi untuk melakukan dekarbonisasi, termasuk penerbangan listrik dan penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan, biofuel yang dapat dibuat dari produk pertanian.