Industri

Efektif, BRImo Kurangi Penggunaan Kertas Hingga 1.000 Pohon per 8 Juta Transaksi Tunai

  • emisi karbon dan penggunaan kertas susut signifikan seiring berkurangnya mobilitas nasabah ke Kantor Cabang/ ATM dan administrasi yang dilakukan secara digital.
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatat aplikasi BRImo turut berkontribusi positif bagi lingkungan. 

Dengan asumsi satu transaksi tunai menghabiskan satu lembar kertas, setidaknya 1.000 batang pohon terselamatkan setiap 8 juta transaksi yang beralih dari transaksi tunai ke BRImo.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menyatakan emisi karbon dan penggunaan kertas susut signifikan seiring berkurangnya mobilitas nasabah ke Kantor Cabang/ ATM dan administrasi yang dilakukan secara digital. 

Menurutnya, inovasi berkelanjutan menjadi komitmen digital BRI terhadap nasabah serta masyarakat di sekitarnya. Selain itu, kegiatan perbankan menjadi lebih efisien karena tidak harus datang ke kantor cabang serta tidak melibatkan sejumlah dokumen fisik.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam gerakan mengurangi emisi karbon dan penggunaan kertas, dengan melakukan transaksi secara digital melalui BRImo,” kata dia dalam website resmi dikutip Rabu, 4 Mei 2022.

Ditambahkan, transaksi digital BRI sendiri mencatat kenaikan transaksi hingga 44,2% atau mengambil porsi sebesar 59% dari total keseluruhan transaksi. Pertumbuhan transaksi digital ini juga diikuti oleh jumlah transaksi melalui ATM yang berkurang hingga 16% per kuartal I-2022 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Hingga 31 Maret 2022,  tercatat sebanyak 16,1 juta nasabah BRI telah menggunakan BRImo dengan laju transaksi finansial mencapai 313,88 juta. Angka ini tumbuh 238% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (year-on-year).

Untuk pembukaan rekening via BRImo, nasabah cukup menyiapkan identitas dan perekaman wajah, serta proses approval dilakukan secara daring. Selain itu, BRImo juga dilengkapi dengan beragam fitur unggulan seperti Personal Financial Management dan produk Investasi.

“Kalau sebelumnya harus datang ke Kantor Cabang dan mengantri untuk membuka rekening atau pergi ke ATM untuk bertransaksi finansial, sekarang dengan adanya BRImo semua aktivitas itu bisa dilakukan di mana saja,” tambah Handayani.