<p>Petugas PLN Area Bulungan Distribusi Jakarta Raya melakukan penyambungan penambahan daya pelanggan 1300 VA menjadi 2200 VA di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Eh, Ada Promo Lagi dari PLN untuk UMKM

  • JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN merilis program “Super Merdeka UMKM/ IKM” yang berlaku sejak 4 September 2020 hingga 3 Oktober 2020. Program ini memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% untuk memberdayakan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menegah (IKM). “Ini sebagai […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN merilis program “Super Merdeka UMKM/ IKM” yang berlaku sejak 4 September 2020 hingga 3 Oktober 2020.

Program ini memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% untuk memberdayakan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menegah (IKM).

“Ini sebagai wujud PLN hadir ditengah masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM dan IKM. Hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan biaya tambah daya yang SUPER ekonomis demi membantu dalam meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM ditengah pandemi” Ungkap Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan Bob Saril, dalam keterangan resminya, Jumat, 4 September 2020.

Permudah UMKM

Rinciannya, keringanan diberikan kepada  pelanggan golongan tarif bisnis dan industri tegangan rendah mulai dari daya 450 VA sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

Peluncuran program ini didasari oleh peran UMKM/IKM sebagai tulang punggung perkonomian. Untuk mengaksesnya, pelanggan dapat menghubungi PLN atau melalui berbagai media sosial PLN.

“Kami ingin memberikan ruang lebih besar kepada para pelanggan UMKM/IKM dari Sabang sampai Merauke untuk bisa meningkatkan bisnisnya dengan layanan yang super murah ini,” tambah Bob.

Dalam kesempatan yang sama, PLN juga meluncurkan layanan Electrifying Agriculture. Layanan ini menghadirkan kemudahkan akses listrik bagi pelaku usaha sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.

Khususnya, pada kegiatan seperti pompanisasi sawah, penggilingan padi, budi daya buah naga, pengusir hama, pembibitan ikan, ternak, dan lainnya.