<p>Kantor IMF/Foto: New York Time</p>
Dunia

Ekonomi Global Segera Pulih, IMF Revisi Target Pertumbuhan Tahun 2021

  • IMF melihat potensi kuat pemulihan ekonomi global pascapandemi COVID-19.

Dunia
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA – International Monetary Fund (IMF) akan merevisi target pertumbuhan ekonomi dunia, setelah melihat potensi kuat pemulihan ekonomi global pascapandemi COVID-19.

Deputi Pertama IMF Geoffrey W.S. Okamoto mengatakan pihaknya akan merevisi target pertumbuhan ekonomi global pada awal April 2021.

Mengutip laman resminya, revisi itu memperbarui prediksi pertumbuhan ekonomi dunia 5,5% yang terpublikasi pada Januari 2021.

Meskipun demikian, ia mengkhawatirkan adanya peningkatan kesenjangan antara negara ekonomi maju dengan pasar negara berkembang.

IMF memprediksi pendapatan kumulatif per kapita negara berkembang dan berpotensi maju akan lebih rendah 22%, daripada suatu kondisi tanpa pandemi.

Okamoto berpendapat hal tersebut dapat membuat 90 juta orang jatuh ke jurang kemiskinan ekstrim dari sejak awal pandemi.

Melansir dari Reuters, Okamoto mengatakan terdapat sejumlah negara yang memiliki sedikit cakupan untuk meningkatkan pengeluaran dalam melawan pandemi serta mengurangi dampak ekonominya.

Khususnya ialah negara-negara berpenghasilan rendah serta memiliki tingkat utang yang tinggi.

“Pandemi ini akan benar-benar berakhir ketika hal itu berakhir bagi semua orang,” ucap Okamoto.

Selain itu, menurutnya, kondisi keuangan yang ketat dapat memperburuk kerentanan negara-negara yang memiliki tingkat utang tinggi.

Namun selain IMF, terdapat lembaga lain yang juga memprediksi ekonomi global akan bertumbuh mengikuti pemulihan pandemi COVID-19 pada 2021.

Agensi pemeringkat kredit internasional Fitch Ratings telah merevisi prediksi pertumbuhan PDB dunia dari 5,3% ke 6,1% pada Rabu, 17 Maret 2021.

Tidak hanya itu, mengutip dari laman BBC, Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) juga menyampaikan ekonomi dunia akan tumbuh 5,6% pada 2021.