Polandia
Dunia

Ekonomi Goyang, Polandia Justru Anggarkan Rp759 T Untuk Pertahanan

  • Anggaran sebesar Rp759,9 triliun setara dengan 4,7% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Polandia. Anggaran tersebut juga berhasil mencetak rekor, sebagai anggaran pertahanan terbesar sepanjang sejarah Polandia.
Dunia
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Polandia mengumumkan alokasi anggaran yang jumbo untuk sektor pertahanan dan kesehatan pada tahun 2025, Anggaran jumbo tersebut diklaim untuk memperkuat keamanan nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Anggaran tersebut mencapai hampir US$49,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp759,9 triliun (kurs Rp15.420). Rencananya Pemerintah Polandia akan memborong sederet alutsista canggih. Namun mereka enggan merinci apa saja yang akan dibelanjakan dengan anggaran sebesar itu.

Dilansir dari Xinhua, Kamis, 29 Agustus 2024, anggaran sebesar Rp759,9 triliun tersebut setara dengan 4,7% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Polandia. Anggaran tersebut juga berhasil mencetak rekor sebagai anggaran pertahanan terbesar sepanjang sejarah Polandia. 

Perdana Menteri Donald Tusk, dalam konferensi pers yang digelar di Warsawa mengungkapkan alokasi ini merupakan langkah strategis untuk menghadapi ancaman keamanan yang semakin kompleks terutama dengan tensi perang yang memanas antara Ukraina dan Rusia

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa Polandia memiliki kekuatan pertahanan yang diperlukan untuk melindungi negara dan warganya," ujar Tusk. 

Selain itu, dia menekankan pengeluaran ini juga mencakup investasi besar dalam proyek infrastruktur strategis, termasuk sektor energi dan perkeretaapian, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Sektor Kesehatan Dapat Anggaran Jumbo

Tidak hanya pertahanan, anggaran untuk sektor kesehatan juga mengalami lonjakan signifikan. Polandia akan mengalokasikanUS$57,6 miliar atau sekitar Rp887,9 triliun untuk perawatan kesehatan pada tahun 2025.

Donald mengklaim, peningkatan ini dialokasikan untuk memperbaiki kualitas layanan kesehatan dan memberikan dukungan lebih besar kepada sistem kesehatan publik, yang kini menghadapi tantangan.

Proyeksi Ekonomi dan Tantangan Anggaran

Dalam hal proyeksi ekonomi yang Dipaparkan Pemerintah, Menteri Keuangan Andrzej Domanski memprediksi pertumbuhan PDB Polandia akan mencapai 3,1% pada tahun 2024 dan 3,9% pada tahun 2025. 

Defisit anggaran diperkirakan akan mencapai US$74,9 miliar atau sekitar Rp1.154 triliun. Pemerintah Polandia dilaporkan pusing menghadapi gejolak keuangan yang harus diatasi untuk mencapai target ekonominya.

Domanski menjelaskan, walaupun defisit anggaran tampak besar, pemerintah berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan negara. 

"Kami menyadari tantangan yang ada, tetapi kami yakin investasi strategis dalam pertahanan dan kesehatan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi negara," tambah Domanski.

Polandia Disusupi Drone Rusia

Angkatan Bersenjata Polandia melaporkan, sebuah pesawat tak berawak telah memasuki wilayah udaranya pada Senin pagi, 26 Agustus 2024, bersamaan dengan hujan drone Rusia di Ukraina.

 Otoritas Polandia menyatakan objek tersebut telah mendarat di wilayah mereka. Pada saat yang sama, Rusia meluncurkan lebih dari 100 rudal dan sekitar 100 pesawat serang tak berawak dalam serangan besar-besaran terhadap Ukraina. 

Kejadian ini menambah ketegangan di kawasan dan memicu perhatian internasional terkait potensi risiko terhadap negara-negara tetangga.