Putin India.jpg
Ekonomi Global

Ekonomi India Bakal Ungguli AS 2075 Mendatang

  • Ekonomi India akan menjadi nomor dua terbesar setelah China.
Ekonomi Global
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

NEW DELHI - Layanan keuangan Goldman Sachs memprediksi Ekonomi India akan unggul atas AS pada 2075. Menurut Sach, Ekonomi India akan menjadi nomor dua terbesar setelah China.

Bank Wall Street ini memproyeksikan PDB negara Asia selatan ini melonjak US$52,5 triliun (Rp798 kuadriliun asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS) pada 2075. Sedangkan China menempati urutan pertama dengan proyeksi PDB US$57 triliun (Rp866 kuadriliun).

Sedangkan proyeksi PDB Negeri Paman Sam berada di angka US$51,5 trilun atau kisaran Rp782 kuadriliun dan menempati urutan ke tiga.

Lebih rinci, pertumbuhan PDB India pada 2075 didukung oleh jumlah SDM. Selain itu, pertumbuhan turut didukung oleh kemajuan teknologi dan meningkatnya investasi modal.

Ekonomi India Saat ini

Saat ini India berada di peringkat ekonomi terbesar kelima. PDB India sekarrang tercatat sebesar US$3,74 miliar atau Rp56 triliun. Menurut Dana Moneter Internasional atau Unternational Monetary Fund (IMF), pendapatan per kapita mencapai US$2.600 atau Rp39 juta.

Sebelumnya, pakar pasar terkenal seperti Ray Dalio dan Mark Mobius memuji negara Asia itu sebagai peluang investasi terbesar berikutnya.

Lantaran banyaknya kesempatan, sejumlah perusahaan besar termasuk Apple, Tesla, dan SpaceX telah bersandar ke ekonomi yang sedang berkembang sebagai pusat rantai pasokannya.

Pada akhir Juni, Elon Musk menyatakan niatnya untuk berinvestasi di India. Bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi miliardert tersebut mengatakan telah bicara terkait pendirian basis manufaktur di India.

Saat itu, Musk mengatakan bahwa India memiliki potensi kuat untuk masa depan energi berkelanjutan. Potensi yang dimaksud termasuk diantaranya tenaga surya, paket baterai stasioner, dan kendaraan listrik.

Miliarder itu menambahkan bahwa ia berharap untuk membawa layanan internet satelit Starlink SpaceX ke India juga.

"Dia (Modi) sangat peduli dengan India karena dia mendorong kami untuk melakukan investasi yang signifikan di India, yang merupakan sesuatu yang ingin kami lakukan," kata Musk Juni lalu.