Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta, Jawa Barat
Hiburan

Ekonomi Lesu, Inilah 4 Perusahaan Sepatu yang Gulung Tikar

  • PT Dean Shoes yang bergerak di sektor alas kaki berlokasi di Karawang, Jawa Barat memilih melakukan PHK terhadap karyawan kurang lebih 3.500 orang pada Mei 2023 lalu
Hiburan
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Tahun 2023 hingga 2024 merupakan tahun di mana ketidakpastian bisnis masih terjadi. Bahkan badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga tutupnya pabrik disejumlah daerah terjadi.

Hingga kuartal I-2024 ini beberapa pabrik raksasa di Jawa Barat terpaksa tutup. Alasannya pun beragam mulai dari mengalami kerugian, kalah saing dengan kompetitor hingga terjerat masalah upah minimum provinsi (UMP) yang kian tinggi.

Lalu pabrik raksasa apa saja yang terpaksa melakukan PHK hingga gulung tikar di Jawa  Barat  : 

1. Dean Shoes

PT Dean Shoes yang bergerak di sektor alas kaki berlokasi di Karawang, Jawa Barat memilih melakukan PHK terhadap  karyawan kurang lebih 3.500 orang pada Mei 2023 lalu.

Berdasarkan data dari Dinas Ketenagakerjaan Karawang, sejak pertengahan November 2022 hingga akhir Desember 2022, PT Dean Shoes telah memangkas sebanyak 2.538 karyawan dengan alasan efisiensi perusahaan.

Dean Shoes terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja karena lesunya permintaan alas kaki akibat ekonomi global yang lesu.

2. Eins Trend

PT Eins Trend terpaksa gulung tikar dan menghentikan operasinya per Desember 2023 lalu. Pabrik garmen terbesar di Purwakarta, Jawa Barat ini harus pelakukan PHK ke 4000 pekerjanya.

PT Eins Trend berhenti beroperasi karena kesulitan mendapatkan pembeli hingga tidak menyanggupi pemberian gaji karyawan yang harus mengikuti UMK Purwakarta.

3. Hung-A Indonesia 

Hung-A Indonesia yang beroperasi di Cikarang, Jawa Barat resmi gulung tikar pada awal Februari 2024. Penutupan  PT Hung-A menyebabkan seluruh karyawan yang berjumlah sekitar 1.500 orang diberhentikan sejak 16 Januari 2024.

Adapun alasan pabrik ban Hung-A Indonesia tutup karena tidak ada kepastian pemesanan dari pembeli. Hung-A Indonesia merupakan pabrik ban yang memproduksi untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang mengekspor lebih dari 70% produknya ke Eropa.

4. Bata

Terbaru, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mengatakan terpaksa menghentikan aktivitas pabriknya yang berada di Purwakarta, Jawa Barat per 30 April 2024.

Corporate Secretary Hatta Tutuko dalam keterbukaa informasi BEI mengatakan, BATA telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen.