Muhammad Syaugi.
Nasional

Eks Pilot Jet Tempur M Syaugi Ditunjuk jadi Ketua TPN AMIN

  • Pasangan Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) atau AMIN mengumumkan Marsekal Madya Muhammad Syaugi sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) AMIN, Selasa, 14 November 2023.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) atau AMIN mengumumkan Marsekal Madya Muhammad Syaugi sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) AMIN, Selasa, 14 November 2023. 

Pengumuman tersebut disampaikan beberapa jam sebelum pengundian nomor urut pasangan Capres-Cawapres nanti malam. Di Koalisi Perubahan, mereka menyebut Ketua TPN sebagai Kapten Timnas.  “Kapten Timnas, Bapak Marsekal Madya Muhammad Syaugi,” kata Anies disambut tepuk tangan hadirin yang mengikuti konferensi pers di Jakarta.

Muhammad Syaugi adalah Purnawirawan TNI-AU yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Lulusan Akademi Angkatan Udara 1984 itu merupakan salah satu peraih penghargaan Adhi Makayasa. “Beliau adalah pilot Jet Tempur F-16 dengan rekam terbang 4.000 jam terbang,” ujar Anies.

Dalam kesempatan tersebut, Anies mengatakan kapten-kapten Timnas AMIN yang sesungguhnya berada di berbagai kampung dan desa. “Merekalah garda terdepan untuk bertemu warga,” ujar Anies.

Di posisi Sekjen, AMIN menempatkan Direktur Jakarta Experience Board Novita Dewi. Novita diketahui sudah menjadi orang kepercayaan Anies sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta. Adapun posisi bendaraha diisi pengusaha dan tokoh sepak bola nasional Gede Widiade. 

Lebih lanjut, Anies berharap Timnas AMIN dapat mendorong ide perubahan semakin meluas. "Kami tak ingin terbentuknya Timnas AMIN jadi mengkotakkan siapa di luar siapa di dalam, semuanya berperan,” katanya. 

Anies menyebut pembentukan Timnas AMIN untuk memenuhi persyaratan dari KPU di mana pasangan Capres-Cawapres harus memiliki tim pemenangan.  “Karena itu yang selama ini sudah ada memiliki tim pemenangan jalan terus, yang disini adalah formalisasi karena memenuhi syarat KPU,” ujarnya. 

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi bakal dibantu co-kapten, yaitu Sudirman Said, Al Muzzamil Yusuf, Thomas Lembong, dan beberapa tokoh lain.

Profil Muhammad Syaugi

Muhammad Syaugi merupakan purnawiran dari Angkatan Udara yang juga menjabat sebagai Kabasarnas selama dua tahun. Pria kelahiran Malang, 10 Desember 1960 ini menduduki jabatan Kabasarnas sejak Januari 2017 dan mengakhiri jabatannya pada Januari 2019. 

Berbagai peristiwa besar pernah terjadi kala dirinya menjabat sebagai Kabasarnas. Beberapa peristiwa besar yang terjadi dikala menjabat sebagai Kabasarnas meliputi KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatra Utara dan jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang. 

Perihal karier militer, Muhammad Syaugi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1984. Dirinya pernah menjabat sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Iswahyudi pada tahun 2011. 

Selang setahun sebagai Danlanud, Muhammad Syaugi kemudian pindah sebagai Pangkoopsau I di tahun 2012. Setelahnya, dirinya kemudian menduduki jabatan di Dirjen Renhan Kemhan RI pada tahun 2014 hingga kemudian pada 2017 kembali pindah tugas sebagai Kabasarnas hingga pensiun.