<p>Ilustrasi Yahoo! / Pixabay</p>

19 Tahun Eksis, Layanan Milis Yahoo! Group Tutup Tahun Ini

  • Yahoo! mengumumkan bahwa layanan Yahoo! Groups akan dinonaktifkan pada 15 Desember 2020 mendatang.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Satu lagi platform teknologi yang harus kandas di tengah sengitnya persaingan dunia digital global, yakni Yahoo! Groups. Layanan yang sempat hits di awal era 2000-an ini akan resmi ditutup pada akhir tahun 2020.

Melalui pesan dalam electronic mail (e-mail) yang dikirimkan ke seluruh pengguna Yahoo! Mail pada Selasa 12 Oktober 2020, Yahoo! mengumumkan bahwa layanan Yahoo! Groups akan dinonaktifkan pada 15 Desember 2020 mendatang.

Alasan dari penutupan layanan ini adalah menurunnya jumlah pengguna selama beberapa tahun belakangan. Tak hanya itu, banyak pengguna yang diketahui beralih ke layanan premium atau berbayar. Hal ini membuat pengguna Yahoo! Mail yang tergabung dalam mailing list atau milis Yahoo! Groups mesti segera bermigrasi.

“Kami harus mengambil keputusan sulit mengenai produk-produk kami yang sudah tidak lagi sesuai dengan strategi jangka panjang. Kami juga mempertajam fokus kami di area bisnis lainnya,” tulis Yahoo! dalam surat eletronik yang mereka kirim ke semua pengguna.

Yahoo! Groups dirilis pertama kali pada Januari 2001. Layanan ini sempat populer di zamannya sebelum munculnya berbagai macam media sosial seperti sekarang.

Kegunaannya pun mirip seperti media sosial saat ini. Pada platform Yahoo! Group memungkinkan pengguna untuk membentuk suatu komunitas dunia maya. Selain itu, juga ada fitur lain yang ditawarkan seperti tempat berbagi foto hingga polling. (SKO)