Ilustrasi bisnis PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC).
Korporasi

Ekspansi Bisnis, Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Jalankan Usaha Pegadaian

  • Perseroan telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjalankan usaha di bidang pegadaian. Melalui surat keputusan 12 Juni 2023 nomor KEP-40/D.05/2023, OJK mengizinkan perseroan untuk menjalankan usaha pegadaian melalui PT Autopedia Sukses Gadai.

Korporasi

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Dalam rangka ekspansi bisnis, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) akan menjalankan usaha di bidang pegadaian.

Ekspansi yang dilakukan ASLC ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat ekosistem bisnis lelang yang dijalankan PT JBA Indonesia dan penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id) sebagai anak usaha.

Perseroan telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjalankan usaha di bidang pegadaian. Melalui surat keputusan 12 Juni 2023 nomor KEP-40/D.05/2023, OJK mengizinkan perseroan untuk menjalankan usaha pegadaian melalui PT Autopedia Sukses Gadai.

"Dengan telah diperolehnya izin usaha dari OJK, ASLC akan segera menjalankan bisnis baru di bidang pegadaian melalui Autopedia Gadai. Dengan demikian, kami optimis akan bisa mempercepat pertumbuhan bisnis di ekosistem kami," ujar Presiden Direktur ASLC Jany Candra melalui keterangan yang diterima TrenAsia dikutip Senin, 26 Juni 2023.

Anak usaha ASLC yang bergerak di bidang pegadaian ini nantinya akan bersinergi dengan JBA Indonesia unutk membantu pelanggan, khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mobil bekas.

Para pelaku UMKM ini akan memperoleh dukungan pembiayaan sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis mereka dengan lebih cepat.

Saat ini, JBA Indonesia sendiri telah memiliki lebih dari 70.000 peserta lelang terdaftar dan menjalin kemitraan dengan lebih dari 400 dealer mobil bekas.

Perseroan memandang bahwa bisnis yang dijalankan oleh Autopedia Gadai ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara melalui penyediaan dukungan pembiayaan kepada masyarakat umum melalui proses gadai mobil bekas.

Bisnis gadai ini pun diproyeksikan mampu memberikan solusi yang cepat dan terjangkau bagi semua pelanggan, dan tahun ini perseroan mengklaim akan terus meningkatkan sistem dan operasionalnya dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menyediakan layanan keuangan terbaik kepada pelanggannya.

Sebagai informasi, ASLC adalah bagian dari grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) yang bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022.

Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C dimana saat ini ASLC merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia untuk jual beli kendaraan bekas. 

Dalam ekosistem bisnisnya, Autopedia memiliki dua bisnis utama, yaitu balai lelang bernama JBA BidWin yang melayani melakukan lelang offline dan juga online (hybrid). JBA BidWin dengan 37 kantor cabang di seluruh Indonesia merupakan balai lelang terbesar di Indonesia. 

Selain itu, ASLC juga memiliki bisnis diler mobil online-to-offline (O2O) dengan brand Caroline.id yang saat ini memiliki total 12 showroom serta jaringan-jaringan kolaborasi dengan JBA dan ASSA sebagai titik pembelian. Jaringan showroom Caroline.id akan terus tumbuh di tengah tingginya potensi bisnis jual beli kendaraan bekas di Indonesia.