<p>Ilustrasi PT Elnusa Tbk. (ELSA), anak usaha PT Pertamina (Persero) Tbk. / Facebook @PTElnusaTbk.Official</p>
Industri

Ekspansi Migas, Elnusa Terbitkan Utang Syariah Rp1,5 Triliun

  • JAKARTA – Entitas anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Elnusa Tbk. (ELSA) menerbitkan sukuk ijarah berkelanjutan I tahap pertama 2020 senilai Rp700 miliar bertenor lima tahun dengan cicilan imbal hasil ijarah sebesar 9% per tahun. Elnusa resmi mencatatkan sukuk pada perdagangan Rabu, 12 Agustus di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penerbitan sukuk tahap pertama ini merupakan […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Entitas anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Elnusa Tbk. (ELSA) menerbitkan sukuk ijarah berkelanjutan I tahap pertama 2020 senilai Rp700 miliar bertenor lima tahun dengan cicilan imbal hasil ijarah sebesar 9% per tahun.

Elnusa resmi mencatatkan sukuk pada perdagangan Rabu, 12 Agustus di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penerbitan sukuk tahap pertama ini merupakan rangkaian nilai emisi maksimum Rp1,5 triliun.

“Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum sukuk ini akan digunakan untuk pembelian aset peralatan jasa hulu migas dan/atau pengembangan infrastruktur jasa hilir migas dalam rangka ekspansi usaha serta untuk penambahan modal kerja perseoan,” kata Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.

Pada penerbitan perdana, Elnusa menawarkan sukuk berperingkat “idAA-(Sy)” dengan outlook untuk peringkat perusahaan adalah “Stabil”. Peringkat tersebut mencerminkan arus kas dan likuiditas perseroan masih tergolong kuat.

Hal ini berkat adanya diversifikasi pendapatan di bidang jasa energi serta dukungan dari Pertamina. Menurut Ali, sambutan investor pada sukuk perdana ini sangat positif, terlebih dengan kondisi perekonomian global yang masih lemah.

Permintaan Tinggi

Bahkan, sukuk tercatat mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed). Penawaran sukuk didukung oleh empat penjamin emisi yaitu PT Mandiri Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Indopremier Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas.

Ali merinci jika cicilan imbalan sukuk ijarah ini dibayarkan per tiga bulan sejak tanggal emisi sesuai dengan tanggal pembayaran yang sudah dijadwalkan dan para pemegang sukuk ijarah ini akan mendapatkan pembayaran pertamanya pada tanggal 11 November 2020.

Dengan adanya sukuk ini, Ali optimistis dapat memberikan tambahan kekuatan pendanaan bagi Elnusa dalam melakukan pengembangan bisnis untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan. (SKO)