<p>Warung Pintar. Dok: Warung Pintar/Facebook.</p>

Ekspansi, Startup Warung Pintar Akuisisi Bizzy Digital

  • JAKARTA – Startup teknologi mikro-ritel, Warung Pintar, mengakuisisi Bizzy Digital, platform B2B logistik dan distribusi terintegrasi, senilai US$45 juta atau sekitar Rp634,5 miliar. Akuisisi ini merupakan langkah Warung Pintar untuk memperkuat posisinya di pasar e-commerce business-to-business (B2B) Indonesia yang diperkirakan tumbuh setidaknya tiga kali lipat dari business-to-customer (B2C). Dikutip dari e27, Bizzy Digital akan tetap […]

Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Startup teknologi mikro-ritel, Warung Pintar, mengakuisisi Bizzy Digital, platform B2B logistik dan distribusi terintegrasi, senilai US$45 juta atau sekitar Rp634,5 miliar.

Akuisisi ini merupakan langkah Warung Pintar untuk memperkuat posisinya di pasar e-commerce business-to-business (B2B) Indonesia yang diperkirakan tumbuh setidaknya tiga kali lipat dari business-to-customer (B2C).

Dikutip dari e27, Bizzy Digital akan tetap menjadi entitas terpisah sebagai merek dan organisasi.

Dengan akuisisi tersebut, Warung Pintar akan memiliki akses ke 600 merek dan melayani 230.000 pengecer di 65 kota di Indonesia. Perusahaan gabungan juga akan memiliki yayasan pemegang saham yang lebih besar untuk mendukung pertumbuhan di masa depan.

Bermitra dengan Bizzy Digital juga akan memungkinkan Warung Pintar untuk memanfaatkan kapabilitas sisi pasokan terakhir dan menciptakan platform rantai pasokan lengkap yang dapat merambah pasar FMCG di Indonesia.

“Melalui akuisisi ini, kami berharap dapat mengubah pendekatan distribusi digital di lapangan yang secara historis sangat didorong promosi dan diskon sebagai strategi akuisisi pelanggan. Hal ini sangat ditentang oleh banyak mitra FMCG kami,” kata Agung Bezharie, co-founder dan CEO Warung Pintar.

Andrew Mawikere, CEO Bizzy Digital, mengatakan ketika Bizzy Digital menjadi bagian dari Warung Pintar, tidak akan ada pemain lain yang terintegrasi dari atas ke bawah dalam hal rantai pasokan.

Warung Pintar adalah salah satu anak didik besutan perusahaan modal ventura asal Indonesia, East Ventures.

Willson Cuaca, Co-founder East Ventures, mengatakan dengan menggabungkan Warung Pintar dan Bizzy Digital akan tercipta sinergi dan efisiensi yang kuat.

“Warung Pintar berasal dari platform sisi permintaan dan Bizzy Digital berasal dari platform sisi suplai. Jika digabungkan, mereka akan dapat melayani konsumen, pengecer, dan merek dengan cara yang paling efektif,” tuturnya.