<p>Kantor Pusat Sinar Mas Land</p>
Industri

Ekspansif! Sinar Mas Land Luncurkan Gedung Perkantoran Senilai Rp3,6 Triliun di Inggris

  • Sinar Mas Land melalui Sinarmas Land Limited yang terdaftar di Bursa Efek Singapura kembali melakukan ekspansi properti bisnis di luar negeri yakni di Inggris.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Sinar Mas Land melalui Sinarmas Land Limited yang terdaftar di Bursa Efek Singapura (SGX) kembali melakukan ekspansi properti bisnis di Inggris. 

Ekspansi bisnis tersebut berupa akuisisi bangunan komersial gedung perkantoran senilai Rp3,6 triliun di 32-50 Strand, London, Inggris dari pemilik sebelumnya LS City dan West End Limited yang diselesaikan pada Juni 2022.

Direktur Sinar Mas Land Herry Hendarta mengatakan, akuisisi bangunan properti di Kota London menjadi upaya korporasi agar semakin eksis di persaingan properti internasional. Langkah ini juga mempertegas diversifikasi portofolio investasi dari grup yang memiliki basis usaha di Indonesia.

"Inggris kembali menjadi lokasi investasi karena sebagian besar kontribusi pendapatan Sinar Mas Land dari seluruh properti di luar negeri didominasi dari sewa perkantoran di London," kata Herry dalam keterangan resmi, Senin, 6 Juni 2022.

Bangunan komersial ini dibangun dengan luas area sekitar 139.000 kaki persegi terdiri atas lantai dasar, ruang bawah tanah (basement), dan delapan lantai atas.

Lokasi properti ini di barat Strand dan berada di samping Stasiun Charing Cross yang dapat diakses dengan berjalan kaki dari Trafalgar Square London.

Untuk diketahui, Sinar Mas Land telah memiliki sejumlah proyek properti komersial di Londok sejak 2013. Properti komersial tersebut di antaranya Alphabeta Building, dan 33 Horseferry Road. Selain itu terdapat proyek properti di luar negeri lainnya seperti residensial hingga pusat rekreasi.

Proyek residensial Sinar Mas Land juga dapat ditemui di China tepatnya Taicang, Shenyang dan Chengdu dengan luas lahan 246.000 meter persegi (m3). Kemudian, di Malaysia terdapat hotel dan resort dengan luas sebesar 300 hektare (Ha). 

Sebelumnya, Sinar Mas Land juga telah melebarkan ekspansi bisnisnya ke Amerika Serikat melalui perjanjian usaha patungan (joint venture agreement) bersama Palari Group untuk mengembangkan hunian cerdas berkelanjutan dan berbasis teknologi.