elon musk
Tekno

Elon Musk Resmi Hentikan Tampilan Informasi Tautan Artikel yang Dibagikan di X atau Twitter

  • Simak penjelasan mengenai kebijakan Elon Musk menghentikan tampilan informasi pada tautan atau link artikel di platform X atau Twitter.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Elon Musk resmi menghentikan fitur yang dianggap penting oleh banyak penggunanya di X atau Twitter, yaitu tampilan informasi tentang tautan atau link yang diposting ke situs tersebut. 

Sebelum kebijakan ini berlaku, ketika Anda memposting atau membagikan link di X, link tersebut ditampilkan sebagai sebuah gambar dan judul artikel. Oleh karena itu, orang lain bisa melihat atau mengetahui konteks isi berita apa yang akan mereka baca ketika mereka mengklik tautan tersebut.

Akan tetapi, deskripsi di link atau tautan tersebut telah dihapus atau dihentikan oleh Elon Musk. Sebaliknya, link artikel tersebut hanya muncul sebagai sebuah gambar biasa, dengan nama situs web muncul kecil di sudut untuk menunjukkan bahwa postingan tersebut adalah sebuah tautan.

Pembaruan ini memicu kebingungan dari banyak pembaca yang mengatakan bahwa tidak jelas apakah sebuah postingan menyertakan tautan dan tautan apa yang mungkin di dalamnya. Seperti yang dilansir Trenasia dari The Independent, pada Jumat 6 Oktober 2023, banyak organisasi berita secara terbuka mengeluh bahwa hal ini telah memaksa mereka untuk mengubah strategi dalam memposting link artikel di situs tersebut, mengingat mereka sebelumnya dapat bergantung pada Twitter untuk menampilkan judul postingan.

Selain itu, banyak tweet atau postingan yang menyertakan link dan diposting sebelum perubahan tersebut langsung menjadi sebuah tautan yang tidak dapat dipahami, karena tweet tersebut ditulis untuk menanggapi judul utama yang diambil dari artikel tersebut.

Tujuan Elon Musk Menghentikan Informasi Tautan Artikel di X atau Twitter

Tujuan Elon Musk menghentikan tampilan informasi tautan artikel di X atau Twitter

Elon Musk mengatakan bahwa ia memerintahkan perubahan tersebut untuk memperbaiki situs X atau Twitter. Ketika pembaruan ini pertama kali dikabarkan, Elon Musk mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk meningkatkan estetika.

Akan tetapi, kebijakan yang dilakukan Elon Musk ini juga bisa jadi sebuah upaya untuk mendorong pengguna X atau Twitter agar berada di situs tersebut lebih lama daripada mengklik tautan link artikel. Perlu diketahui, sejak Elon Musk mengambil alih Twitter sekitar tahun lalu, ia sering fokus pada peningkatan jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna di platform tersebut.

Elon Musk sempat mengatakan bahwa algoritma mereka cenderung berfokus mengoptimalkan waktu yang dihabiskan pengguna untuk X sehingga pengguna tidak terlalu memperhatikan adanya tautan, karena lebih sedikit waktu yang dihabiskan jika orang mengklik. Oleh karena itu, Elon Musk juga menyarankan kepada pengguna untuk memposting konten dalam bentuk panjang di platform tersebut.

Itu tadi penjelasan mengenai kebijakan Elon Musk menghentikan tampilan informasi pada tautan atau link artikel di platform X atau Twitter. Apakah Anda setuju dengan kebijakan tersebut?