elon MUsk 1.jpg
Dunia

Elon Musk Senyum-Senyum, Arab dan UAE Berencana Investasi ke SpaceX

  • Dana yang digelontorkan oleh para investor timur tengah tersebut diprediksi akan menambah valuasi SpaceX menjadi US$140 miliar atau kisaran Rp2,1 kuadriliun
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TEXAS - Sebuah unit investasi Arab saudi dan perusahaan Abu Dhabi dikabarkan bakal menginvestasikan dananya ke perusahaan luar angkasa milik Elon Musk, SpaceX.

Adapun dana yang digelontorkan oleh para investor timur tengah tersebut diprediksi akan menambah valuasi SpaceX menjadi US$140 miliar atau kisaran Rp2,1 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

Mengutip Reuters, SpaceX dikabarkan telah mengantongi dana miliaran dolar dalam jenjang waktu dua tahun. Pada 2022, SpaceX mengumpulkan dana kisaran US$2 miliar atau Rp15,2 triliun. Pada 2020, perusahaan tersebut mengumpulkan kisaran US$2,6 miliar atau Rp39,9 triliun.

Mengutip Reuters Kamis, 23 Maret 2023, perusahaan sekaligus perwakilan firma Morgan Stanley telah memberi tahu investor bahwa Perusahaan Air dan Listrik Arab Saudi yang merupakan bagian dari dana kekayaan negara telah menjadi bagian dari putaran pendanaan.

Selain Arab, Morgan Stanley juga mengatakan , dan Alpha Dhabi dari Uni Emirat Arab ikut serta dalam investasi uang miliaran dollar tersebut.

Menanggapi peluang investasi yang bakal dipertaruhkan, baik SpaceX, Dana Investasi Publik Arab Saudi dan Alpha Dhabi belum menanggapi permintaan komentar.