Elon Musk
Dunia

Elon Musk Tidak Yakin Alien Itu Ada

  • Pebisnis sekaligus salah satu orang terkaya di dunia Elon Musk mengatakan tidak ada tanda-tanda keberadaan alien yang ditemukan selama ia berkarya di perusahaaan luar angkasa miliknya, SpaceX.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pebisnis sekaligus salah satu orang terkaya di dunia Elon Musk mengatakan tidak ada tanda-tanda keberadaan alien yang ditemukan selama ia berkarya di perusahaaan luar angkasa miliknya, SpaceX.

Pernyataan bahwa dirinya belum pernah melihat bukti keberadaan alien selama kariernya dalam ekspolari galaksi ini diungkapkannya dalam sebuah konferensi International Astronautical Congress 2023 yang berlangsung pada 4 hingga 6 Oktober 2023. 

Dikutip dari Business Insider, Jumat, 6 Oktober 2023, Musk juga berbicara tentang sistem transportasi luar angkasa Starship Space X, dan banyak hal tentang luar angkasa.  

Pria kelahiran 1971 di Afrika Selatan ini sebelumnya juga pernah bercanda tentang hubungannya dengan alien dan bahkan mengidentifikasi dirinya sebagai alien. “Orang-orang sering bertanya kepada saya apakah saya melihat bukti adanya alien dan sayangnya saya belum melihat bukti adanya alien,” kata Musk. "Kami adalah alien," candanya.

Lebih lanjut CEO SpaceX ini juga menyebutkan pemikirannya tentang kehidupan di luar bumi. Dia mengatakan pengamatannya menunjukkan bahwa kemanusiaan adalah satu-satunya yang ada dalam kegelapan yang luas. “Dengan kata lain, kita sendirian.”

Musk pernah berbicara tentang alien dengan karyawan Twitter pada Juni 2022 sebelum dia membeli perusahaan tersebut. Dalam pembicaraan tersebut, dia mengatakan dia belum melihat "bukti nyata adanya alien".

Meski begitu, Musk masih bercanda tentang keberadaan kehidupan di luar Bumi  dan bahkan menyatakan bahwa ia mungkin adalah alien yang berjalan di antara kita. Jika alien mengunjungi planet ini, dia juga dikatakan sebagai orang pertama yang mengetahuinya.

Inovasi SpaceX

Dalam acara tersebut, Musk juga diangerahi Penghargaan Luar Angkasa Dunia dari Federasi Astronautika Internasional (IAF) 2023. IAF menjelaskan mengapa mereka memilih Elon Musk sebagai penerima penghargaan tahun ini. 

Menurut organisasinya, dorongan dan kesediaan CEO untuk mempertaruhkan sumber dayanya adalah hal yang membuat SpaceX sangat kompetitif di segmen peluncuran. Inovasi SpaceX juga membuka jalan menuju industri luar angkasa yang lebih terjangkau. 

"Tn. Elon Reeve Musk telah menunjukkan pemahaman visioner tentang peran dan pentingnya astronotika bagi masa depan umat manusia dikombinasikan dengan kemauan untuk mengerahkan sumber daya, kehidupan dan dorongannya sendiri serta kemampuan untuk mewujudkannya melalui Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), sebuah perusahaan yang telah menyamai pencapaian Badan Antariksa di bidang sistem peluncuran dan penerbangan luar angkasa manusia, menjadikan ruang angkasa terjangkau dan membangun ruang untuk @ll,” tulis IAF.