​​Trik Kirim Email dari Gmail Tanpa Harus Terkoneksi Jaringan Internet
Tekno

Email Tidak Sengaja Terhapus? Ini Cara Mudah Memulihkannya

  • Simak cara memulihkan email yang tidak sengaja terhapus di Gmail. Selamat mencoba!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Email adalah salah satu alat komunikasi yang bisa kita akses sehari-hari. Akan tetapi, tanpa sengaja kehilangan email yang penting tentu dapat membuat kita jadi frustasi.

Jika Anda juga mengalami hal tersebut, jangan khawatir. Pasalnya, sebagian besar layanan email saat ini memiliki cara untuk memulihkan email yang telah terhapus. 

Cara Memulihkan Email yang Terhapus di Gmail

Cara Memulihkan Email yang Terhapus di Gmail

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan email penting yang tidak sengaja Anda hapus di Gmail.

1. Periksa Folder Sampah 

Tempat pertama yang harus dituju saat mencari email yang telah terhapus di Gmail adalah folder Sampah atau Trash. Gmail secara otomatis akan memindahkan email yang telah terhapus ke folder Trash, di mana email tersebut akan disimpan di folder itu selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen.

Untuk memulihkan email, coba buka Gmail lalu masuk ke akun Anda. Di bagian sisi kiri layar klik More’ lalu klik ‘Trash’ untuk membuka folder sampah atau Trash

Setelah itu, temukan email yang ingin Anda pulihkan kemudian klik centang pada kotak di sebelahnya. Klik ikon ‘Move to’ di bagian atas layar dan pilih folder tempat Anda ingin memindahkan email.

2. Gunakan Bilah Pencarian

Jika Anda tidak dapat menemukan email yang telah terhapus di folder Trash, cobalah menggunakan bilah pencarian yang ada di Gmail. 

Bilah pencarian Gmail memiliki kemampuan yang dapat diandalkan serta mampu membantu Anda menemukan email berdasarkan kata kunci, pengirim, penerima, dan kriteria lainnya. Untuk menggunakan bilah pencarian, Anda tinggal buka Gmail lalu masuk ke akun Anda. Kemudian, klik pada bilah pencarian yang ada di bagian atas layar. Masukkan kata kunci atau kriteria yang ingin Anda cari. Lalu klik Search.

3. Gunakan Google Vault

Jika kedua cara di atas setelah dilakukan tidak mampu menemukan email yang telah dihapus, Anda bisa mencoba memanfaatkan Google Vault. Google Vault adalah suatu tools yang memungkinkan Anda mencari dan memulihkan email yang telah dihapus serta data lainnya dari akun Gmail Anda.

Untuk menggunakan Google Vault, Anda cukup membuka situs web Google Vault dan masuk ke akun Anda. Klik ‘Matters’ kemudian klik ‘Create an New Matter’.

Klik ‘Add’ kemudian pilih ‘Gmail’ sebagai sumber data. Masukkan kriteria pencarian untuk email yang telah terhapus lalu klik ‘Search’. Pilih email yang ingin Anda pulihkan, kemudian klik ‘Export’.

Itu tadi cara memulihkan email yang secara tidak sengaja terhapus di Gmail. Selamat mencoba!