Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.
Gaya Hidup

Emir Qatar Rela Rogoh Rp82,2 Triliun Demi Beli MU

  • Teka-teki siapa investor Qatar yang tertarik mengakuisisi Manchester United (MU) mulai terkuak.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

MANCHESTER—Teka-teki siapa investor Qatar yang tertarik mengakuisisi Manchester United (MU) mulai terkuak. Sosok tersebut ternyata Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani. Tak tanggung-tanggung, pemimpin Qatar itu disebut siap mengucurkan dana hingga 4,5 miliar poundsterling atau setara Rp82,2 triliun untuk mengakuisisi MU. 

Dilansir dari The Guardian,  angka fantastis tersebut dikabarkan masih di bawah harga yang dipatok Malcolm Glazer. Bos MU tersebut memasang harga 6 miliar poundsterling atau sekitar Rp109,7 triliun bagi yang ingin membeli klubnya. Harga yang dipatok Glazer memang sangat tinggi karena itu termasuk proyek 2 miliar poundsterling untuk memugar Stadion Old Trafford.

Hingga kini belum ada kabar lebih lanjut terkait penawaran dari Emir Qatar. Apabila sang penguasa Qatar tersebut serius, dia diperkirakan bakal bersaing dengan Sir Jim Ratcliffe yang notabene salah satu orang terkaya di Inggris. Ratcliffe sendiri sudah mengajukan tawaran resmi pada Glazer Januari 2023 lalu.

Selain harus bersaing dengan investor lain, Emir Qatar tampaknya perlu mendapatkan persetujuan UEFA untuk mengakuisisi Setan Merah. Ini karena perusahaan yang dimiliki Emir Qatar, Qatar Sports Investment, merupakan pemegang saham terbesar di Paris Saint-Germain (PSG). 

UEFA saat ini tidak membolehkan klub dengan pemilik yang sama berhadapan di salah satu kompetisi Eropa. Artinya, PSG dan MU tidak bisa bertemu di Liga Champions atau turnamen UEFA lain jika MU jadi diakusisi Emir. 

Sejumlah media Inggris menyebut pihak Qatar sedang membujuk UEFA untuk mengubah aturannya. MU sendiri telah masuk daftar jual keluarga Glazer sejak November 2022. Saat ini Setan Merah stabil di papan atas Liga Premier dengan berada di posisi ketiga, berjarak tujuh poin dari Arsenal di singgasana sementara.