<p>Produk Wardah/ Sumber: Lazada.co.id</p>
Industri

Enam Kontainer Kosmetik Wardah Senilai Rp22,9 Miliar Dilepas ke Malaysia

  • JAKARTA – Kementerian Perdagangan menyambut gembira pelepasan ekspor enam kontainer produk kosmetik dan perawatan wajah dari  PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ke Malaysia dengan merek Wardah senilai Rp22,9 miliar. Tercatat, selama 35 tahun eksis, PTI telah mengekspor 53 kontainer produknya ke Malaysia. Ekspor tersebut menandakan PTI telah mampu melampaui permintaan dalam negeri dan bahkan […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Kementerian Perdagangan menyambut gembira pelepasan ekspor enam kontainer produk kosmetik dan perawatan wajah dari  PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ke Malaysia dengan merek Wardah senilai Rp22,9 miliar.

Tercatat, selama 35 tahun eksis, PTI telah mengekspor 53 kontainer produknya ke Malaysia. Ekspor tersebut menandakan PTI telah mampu melampaui permintaan dalam negeri dan bahkan mampu menyuplai permintaan di Malaysia.

“Saya menyampaikan apresiasi terhadap PT Paragon Technology and Innovation yang mampu meningkatkan produknya ke pasar mancanegara walaupun sedang berada di tekanan pandemi dan perlambatan ekonomi dunia,” kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dalam siaran pers, Selasa, 27 Oktober 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Agus menjelaskan bahwa potensi ekspor kosmetik Tanah Air sangat besar. Sebab, permintaan dunia untuk produk kosmetik dan parfum pada 2019 tercatat sebesar US$82,40 miliar.

Adapun kinerja ekspor produk kosmetik Indonesia selama periode Januari—Agustus 2020 berhasil meraup US$135,67 juta. Negara utama tujuan ekspor antara lain Thailand dengan pangsa 18,89% dari total ekspor dan Singapura (16,58%).

Malaysia yang menjadi tujuan kontainer ekspor kali ini berada di posisi ke-3 dengan pangsa sebesar 10,71%. Selanjutnya diikuti Filipina (9%) dan Jepang (6,04%).

“Diharapkan dengan pelepasan ekspor ini, produk kosmetik ini dapat dikenal tidak hanya pada kancah domestik, tapi juga pasar internasional,” tandas Mendag.

Menanggapi sambutan baik pemerintah, Chief Executive Officer (CEO) Paragon Grup, Harman Subakat dan CEO PTI, Salman Subakat menyatakan pelepasan ekspor ke Malaysia ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap perusahaan lokal.

“Hal ini membuat kami semakin optimis untuk membuka pasar mancanegara lainnya dan terus berkontribusi dalam perekonomian Indonesia,” ujar Harman Subakat.