iPhone 15 Plus
Tekno

Enggak Sabar Nunggu Rilisnya, Berikut Sederet Upgrade iPhone 16

  • Dibandingkan dengan iPhone 15 Pro dan Pro Max, peningkatan pada iPhone 16 Pro dan Pro Max mencakup sensor kamera utama yang lebih besar dari 12MP, kemampuan kamera ultrawide yang lebih baik, dan penambahan zoom optik 5x pada semua model Pro.
Tekno
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Apple dikabarkan akan mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang canggih untuk iPhone 16. Beberapa aspek penting dari rencana pengembangan ini telah terkuak.

Pertama, Apple akan menggabungkan teknologi AI on device (berbasis perangkat) dan AI on cloud (berbasis komputasi awan) untuk iPhone 16. 

Teknologi tersebut diklaim memungkinkan perangkat untuk melakukan pemrosesan AI secara mandiri didalam perangkat dan juga mengakses sumber daya komputasi awan untuk tugas-tugas yang lebih kompleks.

Kedua, Apple akan menggunakan chip Apple Silicon, termasuk varian M2 Ultra dan M4 terbaru, pada server AI untuk menangani tugas-tugas AI yang kompleks. 

Selain itu, Apple dikabarkan sedang mengembangkan chip khusus untuk server AI yang menggunakan teknologi 3 nanometer dari TSMC.

Selanjutnya, Apple menekankan pada privasi pengguna dengan memperkenalkan komponen keamanan pada chip AI baru mereka. 

Teknologi ini diklaim akan melindungi data pengguna, sistem tersebut akan menggunakan metode Secure Enclave untuk mengisolasi data dari potensi kerentanan keamanan.

Apple optimis dapat meningkatkan performa dan kemampuan AI pada iPhone 16 yang pada akhirnya diharapkan dapat menjaga privasi dan keamanan data pengguna.

Kamera Iphone 16

iPhone 16 Pro dan Pro Max menjanjikan peningkatan kamera yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya. 

Dikabarkan iPhone 16 Pro akan dilengkapi dengan sensor IMX803, sementara iPhone 16 Pro Max akan menggunakan sensor IMX903. 

Khusus untuk kamera ultrawide, iPhone 16 Pro akan memiliki sensor 48MP dengan peningkatan performa yang diharapkan akan memberikan hasil foto yang lebih detail dan kaya. 

Sedangkan untuk iPhone 16 Pro Max, akan dilengkapi dengan modul 5x Tetraprisma, mirip dengan yang digunakan dalam iPhone 15 Pro Max, untuk memberikan kemampuan zoom optik 5x yang mengesankan. 

Dibandingkan dengan iPhone 15 Pro dan Pro Max, peningkatan pada iPhone 16 Pro dan Pro Max mencakup sensor kamera utama yang lebih besar dari 12MP, kemampuan kamera ultrawide yang lebih baik, dan penambahan zoom optik 5x pada semua model Pro. 

Peningkatan kemampuan kamera tersebut digadang menjanjikan pengalaman fotografi yang lebih mengesankan dan profesional bagi para pengguna iPhone.

Apple juga tengah melakukan uji coba inovasi baru yang menitikberatkan pada tombol kamera. 

Tombol ini dirancang untuk ditempatkan di sisi kanan bawah perangkat, sehingga berada tepat di bawah jari telunjuk pengguna saat perangkat digunakan dalam mode lanskap. 

Tombol baru ini diklaim dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam mengambil foto dan video.