erajaya-swasembeda
Korporasi

Entitas Bisnis Grup Erajaya (ERAA) Rombak Susunan Pemegang Saham

  • Charming Pharmacy Retail Management Sdn. Bhd. bermaksud untuk menjual atas seluruh saham ECI yang dimilikinya kepada Indo Ventures Indonesia Sdn. Bhd.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten ritel PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) menyampaikan perombakan pemegang saham pada PT Era Caring Indonesia (ECI), perusahaan afiliasinya.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Charming Pharmacy Retail Management Sdn. Bhd. asal Malaysia telah melakukan divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di ECI sebanyak 40.801 per Rabu, 13 Desember 2023.

"Charming Pharmacy Retail Management Sdn. Bhd. bermaksud untuk menjual atas seluruh saham ECI yang dimilikinya kepada Indo Ventures Indonesia Sdn. Bhd.," ujar Sekretaris Perusahaan Erajaya Amelia Allen, Kamis, 14 Desember 2023.

Saham yang dilepas oleh Charming Pharmacy diambil alih oleh Indo Ventures Indonesia Sdn. Bhd. yang juga merupakan perusahaan berbasis di Malaysia dan sekaligus menjadikannya sebagai pemegang saham ECI terbaru.

Adapun transaksi pembelian saham ECI tersebut berada pada nilai Rp1 juta per lembar saham. Sehinga total dana yang digelontorkan Indo Ventures Indonesia dalam transaksi tersebut sebanyak Rp40,8 miliar.

Melalui transaksi itu pula, kini susunan pemegang saham ECI terdiri dari dari Indo Ventures Indonesia Sdn. Bhd. sebanyak 40.081 lembar saham atau setara 50,1%. Sedangkan PT Era Prima Indonesia mengempit 39.915 unit saham, atau sekitar 49,9%.

Sebelumnya, Grup Erajaya gencar melakukan aksi korporasi. Misalnya PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) yang menyelenggarakan initial public offering (IPO) pada 8 Agustus 2023 dengan menghimpun dana public sebesar Rp404,6 miliar.

Usai melantai di Bursa, ERAL melaporkan kinerja keuangan yang positif pada kuartal III-2023. Perseroan membukukan peningkatan penjualan bersih sebesar 26,6% dengan nilai Rp2,7 triliun pada kuartal III-2023. 

Sinar Eka Selaras sendiri merupakan salah satu entitas Grup Erajaya yang bergerak pada lini bisnis marketing, distribusi dan jaringan ritel produk active lifestyle.