Susunan Komisaris PT Telkom Satelit Indonesia /Dok Perusahaan
Korporasi

Erick Thohir Angkat Politikus PKS Jadi Komisaris Baru Telkomsat

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengangkat politisi Partai Keadilan Sosial (PKS) Rama Pratama sebagai komisaris di PT Telkom Satelit Indonesia. Rama bakal menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Harry Suseno Hadisoebroto.
Korporasi
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengangkat politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rama Pratama sebagai komisaris di PT Telkom Satelit Indonesia. Rama bakal menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Harry Suseno Hadisoebroto.

“Terhitung sejak tanggal 12 Juli 2021 telah mengangkat Rama Pratama sebagai anggota Dewan Komisaris Telkomsat dan memberhentikan dengan hormat Harry Suseno Hadisoebroto sebagai Dewan Komisaris,” kata manajemen  Telkom Satelit Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat, 16 Juli 2021

PT Telkom Satelit Indonesia atau Telkomsat merupakan anak usaha dari emiten pelat merah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). Telkomsat bergerak dalam bidang penyedia layanan satelit end to end yang telah menerapkan standarisasi internasional.

Sebelum duduk di kursi empuk Telkomsat, Rama Pratama lebih dulu dikenal sebagai aktivis pada momentum reformasi 1998. Sebelum terjun ke dunia politik, Rama sempat bekerja sebagai auditor di kantor akuntan publik Ernst & Young pada 1999-2001.

Kariernya berlanjut dengan mendirikan kantor konsultan bisnis bersama rekannya yang dinamakan MBS Consulting pada 2001. Di tahun yang sama, Rama memutuskan hengkang dari usaha yang didirikannya bersama rekannya karena terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Rama bisa duduk di kursi DPR RI melalui fraksi PKS dari daerah pemilihan DKI Jakarta I. Kala itu, Rama bertugas di Komisi XI yang membidangi Keuangan Negara, Perencanaan Pembangunan, dan Perbankan.

Berikut susunan dewan komisaris terbaru di Telkomsat:

Komisaris Utama: Edi Witjara

Komisaris: Indrawan Ditapradana

Komisaris: Benny Riyanto

Komisaris: Amanah Abdulkadir

Komisaris: Rama Pratama

Adapun susunan direksi di Telkomsat adalah sebagai berikut:

Direktur Utama: Endi Fitri Herlianto

Direktur Pengembangan: Andy Revara

Direktur Operasi: Anggoro Kurnianto Widiawan

Direktur Komersial: Puguh Indaryono

Direktur Keuangan dan Administrasi: Rizal Ahmad Fauzi. (RCS)