Erick Thohir jajal Pelita AIr
Nasional

Erick Thohir Buktikan BUMN Punya Andil Besar Dalam Ekonomi RI di Kuartal II-2022

  • Prediksi Bloomberg, awalnya Indonesia akan jatuh ke dalam lubang resesi pada tahun 2022. Namun anggapan ini ditepis keras setelah perekonomian Indonesia tumbuh ke arah yang baik.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Indonesia berhasil menepis prediksi Bloomberg yang awalnya memperkirakan Indonesia akan kembali jatuh ke jurang resesi pada 2022. Hal ini terbukti setelah perekonomian Indonesia tumbuh ke arah yang lebih baik hingga kuartal II-2022.

Setelah tumbuh di angka 5,01% yoy pada kuartal I-2022, perekonomian Indonesia mencatatkan hasil yang gemilang dengan tumbuh sebesar 5,44% yoy pada kuartal II-2022. 

Menanggapi hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan bahwa BUMN punya andil besar dalam perekonomian Indonesia. 

Erick juga mengklaim bahwa perekonomian Indonesia bisa survive di tengah ketidakpastian ekonomi global akibat dari peran BUMN sebagai penggerak motor pemulihan Ekonomi Nasional.

"Kementerian BUMN memprediksi total aset BUMN telah mencapai sekitar Rp 9.000 triliun di 2021 atau sekitar 53% dari PDB. BUMN yang sehat membantu mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berbasis adil dan makmur. Masyarakat yang makmur mampu meningkatkan perekonomian Indonesia," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin, 8 Agustus 2022.

Di tengah huru-hara geopolitik antara Rusia-Ukraina, kenaikan harga pangan dunia dan kebijakan zero COVID-19 di Tiongkok, BUMN tetap melanjutkan beberapa proyek skala besar. 

Di antaranya ada proyek peningkatan kilang (Refinery Development Master Plan/RDMP) Balikpapan yang diperkirakan akan menyerap 19.000 tenaga kerja. 

Lalu ada juga KEK Mandalika melalui InJourney yang sukses menyelenggarakan event bergengsi seperti MotoGP dan WorldSBK

“Selain itu, BUMN membuka kesempatan berusaha dan mendorong bisnis UMKM antara lain dengan pengembangan Pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) dan pengembangan Bakauheni Harbour City (HBC) yang dikonsep 100% untuk menyokong perekonomian lokal di kawasan sekitarnya," ujarnya.

Erick menambahkan sejauh ini BUMN sudah menjadi motor penggerak perekonomian di desa-desa. Ada Pertamina yang sudah mendistribusikan BBM dan LPG ke daerah Terdepan, Tertinggal, Terluar (3T)

Sejauh ini Pertamina sudah menjalankan program seperti Pertashop dan telah beroperasi mencapai 5.536 unit dan juga BBM Satu Harga mencapai 348 titik yang tersebar di wilayah 3T di seluruh Indonesia. 

Kemudian, ada PT Angkasa Pura II yang mengakifkan kembali Sub Terminal 1A untuk mendukung peningkatan operasional dan juga pelayanan di bandara, khusus untuk mengantisipasi pelonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu pada momen mudik hingga Lebaran Idulfitri kemarin, Pertamedika IHC menyediakan pengecekan lengkap termasuk ambulance standby di beberapa titik lokasi tertentu. 

Dengan kesiapan yang matang, momen mudik dan Lebaran pada tahun 2022 kemarin menjadi sebuah skala kepercayaan masyarakat untuk melakukan perjalanan pulang kampung yang aman dan nyaman. 

Menilik torehan manis yang BUMN raih bagi pertumbuhan ekonomi nasional, mantan presiden Inter Milan ini berkomitmen untuk melanjutkan berbagai program untuk mendukung pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan agar terus terjaga hingga akhir tahun.