Ketua PSSI, Erick Thohir (kanan), bertemu dengan Presiden Japan Football Association (JFA), Tashima Kohzo, di Chiba, Senin 22 Mei 2023.
Nasional

Erick Thohir Gandeng Jepang Benahi Manajemen Bola Nasional

  • PSSI dan Japan Football Association (JFA) menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan persepakbolaan Nasional.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—PSSI dan Japan Football Association (JFA) menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan persepakbolaan Nasional. Ada tiga poin yang akan dibenahi bersama JFA yakni pengelolaan Timnas, perwasitan hingga pengembangan sepak bola putri. 

Kerja sama tersebut ditandatangani Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Presiden JFA, Tashima Kohzo, di Prince Takamado Memorial JFA YUME Field, Chiba, Jepang, Senin 22 Mei 2023. Erick mengatakan salah satu poin kerja sama yakni dalam hal manajemen Timnas. 

Erick menyebut benchmarking atau studi banding akan dilakukan di antara liga-liga di Indonesia dengan liga di Jepang. Di Negeri Samurai, pengelolaan liga yang profesional terbukti menghasilkan timnas yang kuat dan dapat bersaing di leve dunia. “Kami ingin mendapatkan masukan bagaimana Timnas dapat dikembangkan,” ujar Erick dikutip dari pssi.org, Selasa 23 Mei 2023. 

Kedua, kerja sama akan menyentuh bidang perwasitan. Menurut Erick, JFA akan memberikan dukungan perwasitan, termasuk mengirimkan wasit-wasit terbaiknya ke Indonesia. “Kami akan menggunakan wasit Jepang. Kami berusaha perwasitan kita semakin baik,” tutur lelaki yang juga Menteri BUMN tersebut. 

Kerja sama ketiga yakni pengembangan tim sepak bola putri. Jepang diketahui memiliki catatan impresif dalam mengembangkan tim putrinya. Tim putri Jepang U-20 bahkan baru saja menjadi finalis Piala Dunia U-20 putri 2022. “Saya sudah meminta pelatih dari Jepang agar bisa melatih (timnas putri) di Indonesia,” ujar Erick. Pihaknya berharap kerja sama dengan Jepang akan membawa banyak kebaikan bagi sepak bola Indonesia.