<p>Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Erick Thohir Rombak Direksi BUMN AP I, Lagi-Lagi Bankir Mandiri Masuk

  • JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Angkasa Pura I (Persero). Erick mengangkat Mohammad Arifin Firdaus dan Wendo Asrul Rose sebagai Direktur AP I pada kegiatan Serah Terima Surat Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) yang dilakukan secara virtual, pada Senin, 7 Desember 2020. Mohammad Arifin Firdaus […]

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Angkasa Pura I (Persero).

Erick mengangkat Mohammad Arifin Firdaus dan Wendo Asrul Rose sebagai Direktur AP I pada kegiatan Serah Terima Surat Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) yang dilakukan secara virtual, pada Senin, 7 Desember 2020.

Mohammad Arifin Firdaus diangkat menjadi Direktur SDM dan Umum menggantikan Adi Nugroho yang telah selesai masa jabatannya awal November lalu. Sedangkan Wendo Asrul Rose diangkat kembali menjadi Direktur Operasi perseroan.

Sebelumnya, Wendo telah menjabat Direktur Operasi dan selesai masa jabatannya pada awal November lalu, bersamaan dengan selesainya masa jabatan Adi Nugroho sebagai Direktur SDM dan Umum.

Pengangkatan keduanya sebagai direktur AP I berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-386/MBU/12/2020 tanggal 1 Desember 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Angkasa Pura I. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan,pengangkatan ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Pasalnya jabatan tersebut sempat kosong selama sekitar sebulan dan dijabat oleh pelaksana tugas sementara.

“Mengingat akhir tahun kami akan menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru yang membutuhkan peran Direktur Operasi yang optimal,” ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa 8 Desember 2020.

Faik menegaskan pihaknya juga telah menyiapkan strategi bangkit yang juga butuh dukungan penuh Direktur Operasi dan Direktur SDM dan Umum. Ia bilang bahwa pengembangan bandara harus diimbangi dengan peningkatan kompetensi SDM. Termasuk pengoptimalan peran milenial, Executive Development Program, dan beberapa program pengembangan SDM lainnya.

“Dengan komposisi dan optimisme direksi yang baru, kami yakin Angkasa Pura I dapat bangkit dan berkembang lebih besar lagi,” tegasnya.

Profil Singkat

Sebelum diangkat menjadi Direktur SDM dan UMUM Angkasa Pura I, Mohammad Arifin Firdaus lama berkarier di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan jabatan terakhir yaitu SEVP Special Asset Management Bank Mandiri.

Posisi lain yang pernah dijabat Mohammad Arifin Firdaus di Bank Mandiri yaitu Group Head Legal (Januari 2019), Group Head Wholesale Credit Litigation (2017-2019). Lalu Group Head Government & Institutional/ Group Head Corporate Banking VII Bank Mandiri (2016-2017).

Ia juga sempat menjabat sebagai Komisaris Bank Syariah Mandiri dan Komisaris PT Bumi Daya Plaza (2011-2019). 

Sedangkan Wendo Asrul Rose, sejak awal berkarir, ia mendedikasikan dirinya di Angkasa Pura I dan mendapat amanah menjadi Direktur Operasi sejak 2015. Pengangkatannya kali ini menjadi Direktur Operasi merupakan periode keduanya sebagai Direktur Operasi di Angkasa Pura I.

Adapun susunan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) terbaru sebagai berikut: 

Direktur Utama: Faik Fahmi
Direktur Keuangan: Andy Saleh Bratamihardja
Direktur Operasi: Wendo Asrul Rose
Direktur Pemasaran dan Pelayanan: Devy Suradji
Direktur Personalia dan Umum: Mohammad Arifin Firdaus
Direktur Pengembangan Usaha: Dendi Tegar Danianto
Direktur Teknik: Lukman F. Laisa
Direktur Kepatuhan, Aset, dan Pengadaan: Israwadi. (SKO)