<p>Gedung Aneka Tambang (ANTAM) di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi, Ini Susunan Pengurus Baru BUMN Antam

  • Para pemegang saham menyetujui untuk memberhentikan dua direksi ANTM dengan hormat. Di antaranya Aprilandi Hidayat Setia sebagai Direktur Niaga serta Hartono sebagai Direktur Operasi dan Produksi.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Keputusan ini tertuang dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar perseroan pada Rabu, 7 April 2021.

Pada kesempatan tersebut, para pemegang saham menyetujui untuk memberhentikan dua direksi ANTM dengan hormat. Di antaranya Aprilandi Hidayat Setia sebagai Direktur Niaga serta Hartono sebagai Direktur Operasi dan Produksi.

Selain itu, para pemegang saham juga menyetujui adanya perubahan nomenklatur jabatan direksi di tubuh ANTM. Jabatan direktur keuangan diganti menjadi direktur keuangan dan manajemen risiko.

Sedangkan, nomenklatur jabatan direktur operasi dan produksi diubah menjadi direktur produksi dan transformasi bisnis. Di samping itu, jabatan direktur niaga serta direktur pengembangan usaha dihapuskan.

Dengan begitu, susunan direksi Aneka Tambang terbaru adalah sebagai berikut:

Direktur Utama: Dana Amin

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Anton Herdianto

Direktur Sumber Daya Manusia: Luki Setiawan Suardi

Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis: Risono

Pada kesempatan yang sama, perseroan bakal membagikan dividen sebesar Rp402,72 miliar pada tahun ini. Angka tersebut setara dengan 35% dari total nilai laba bersih perseroan tahun buku 2020 dengan total Rp1,15 triliun. (SKO)