Ilustrasi Menteri BUMN Erick Thohir membongkar jajaran direksi maupun komisaris perusahaan pelat merah. Grafis: Deva Satria/Trenasia
Korporasi

Erick Thohir Rombak Susunan Komisaris dan Direksi Garuda Indonesia

  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk resmi merombak susunan dewan direksi dan komisaris perusahaan.
Korporasi
Fachrizal

Fachrizal

Author

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk resmi merombak susunan direksi dan komisaris perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada Jumat, 13 Agustus 2021. Ada beberapa nama yang dirombak total oleh Menteri BUMN Erick Thohir.  

"RUPS kali ini telah memberhentikan dengan hormat bapak Triawan Munaf, Pak Peter F Gontha, bapak Elisa Lumbantoruan, Ibu Zannuba Arifah (Yenny Wahid) dari jajaran dewan komisaris," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra via siaran pers daring Jumat, 13 Agustus 2021.

Selain itu, Erick Thohir juga mencopot dua direksi secara hormat yaitu Donny Oskaria dari posisi Wakil Direktur Utama dan Mohammad R Pahlevi sebagai Direktur Niaga dan Kargo.

Menurut Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra, perombakan susunan dewan direksi dan komisaris merupakan usulan dari stakeholders seri A DwiWarna. Keputusan ini merupakan langkah strategis sebagai bentuk adaptasi di tengah pandemi Covid-19.  

"Ini sesuai dengan usulan dari pemegang saham Seri A Dwi Warna dan ini merupakan bagian dari langkah strategis dari Garuda menjadi sebuah perusahaan dengan tata kelola organisasi fokus dan adaptif, khususnya di tantangan pandemi Covid-19 ini," Katanya.

Diketahui, jumlah komisaris Garuda saat ini dirampingkan hanya terdiri dari tiga orang, dari sebelumnya lima orang.

Berikut adalah susunan dewan direksi dan komisaris Garuda Indonesia hasil RUPSLB Jumat, 13 Agustus 2021:

Dewan Komisaris :

Timur Sukirno - Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen.

Chairal Tanjung - Komisaris.

Abdul Rachman - Komisaris Independen.

Direksi :

Irfan Setiaputra - Direktur Utama

Prasetio - Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko

Tumpal Manumpak Hutapea -  Direktur Operasi

Aryaperwira Adileksana - Direktur Human Capital

Rahmat Hanafi - Direktur Teknik

Ade R. Susandi - Direktur Layanan dan Niaga